BENAI, DetakRiau.com - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) adalah salah satu daerah sebagai penyumbang destinasi pariwisata di Provin">
 
 
Pacu Jalur Rayon II di Benai
Tak Ada Kontribusi Perusahaan Terhadap Kebudayaan Daerah
Minggu, 29 Juli 2018 - 02:30:19 WIB
BENAI, DetakRiau.com - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) adalah salah satu daerah sebagai penyumbang destinasi pariwisata di Provinsi Riau. Dimana hal ini sudah sepantasnya didukung dari segala penjuru dan lapisan masyarakat, termasuk perusahan swasta yang beroperasi di wilayah kabupaten ini sebagai bentuk dukungannya terhadap kebudayaan setempat.

Akan tetapi sejauh ini tidak berlaku terhadap perhelatan Festival Pacu Jalur Tradisional Rayon II Kuansing di Tepian Pincuran Sati Kelurahan Pasar Benai, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuansing. Selama 3 hari berlangsungnya pacu jalur tersebut, tidak kunjung satupun perusahaan yang menyalurkan bantuan meskipun sudah di dilakukan permohonan atau pengajuan secara resmi kepada perusahaan tersebut.

Hal ini sangat disayangkan Tokoh Muda Azizul Bahra, SE di tengah perhelatan hari ketiga atau final pacu jalur di Kecamatan Benai, Sabtu (28/07). Dimana Perusahaan terkesan tidak peduli dengan Kebudayaan asli daerah, meski secara resmi sudah di ajukan permohonan bantuan kepada mereka (perusahaan .red), tetap taka ada kontribusi sama sekali.

"Sudah seharusnya mereka turut mensukseskan perhelatan budaya ini, tapi sejauh ini kita bisa lihat dari awal pembukaan sampai hari terakhir ini tidak ada satupun pihak perusahaan yang hadir dan bahkan menyalurkan bantuan dana sebagai bentuk mereka turut mensukseskannya," ungkap Azizul.

Dikatakan Azizul, di wilayah Benai ada 3 perusahaan yang memiliki kepentingan terhadap kecamatan ini, antara lainnya PT. TBS, PT. DPN, dan PT. RAPP. "Nah, sekarang mereka dimana? Kok malah tidak muncul dan bahkan terkesan pura-pura tidak tau seperti ini. Padahal program CD mereka ada dan bisa diperuntukan untuk kebudayaan ini. Karena ini merupakan kepentingan masyarakat banyak," ujar pria kelahiran Simandolak itu.

Sementara itu, Camat Benai Yulhendra, S.Sos pada Jum'at (27/07) kemarin mengatakan hal senada, "Sudah secara resmi kita ajukan untuk bantuan pendanaan pacu jalur ini ke mereka, tapi tak satu pun yang membantu. Tak ada itikat baik dari mereka dalam mendukung kegiatan masyarakat dan daerah kita ini," ungkap Camat, yang ketika itu didampingi Ketua Pacu Jalur Harmadi di Tribune Hakim (Finish).

"Dewan dari dapil I sini juga tak ada membantu sedikitpun, masa seorang dewan tak peduli, padahal mereka di pilih oleh masyarakat. Jadi saya berharap, jangan pilih lagi dewan-dewan yang mendukung kegiatan masyarakat seperti sekarang ini, tak ada kontribusi untuk apa," ujar camat menambahkan denga nada kesal.

Salah satu Manager PT. Duta Palma Nusantara (DPN) Hendarman, dimana saat laga akhir pacu jalur tampak hadir di tribune finish. Ketika di konfirmasi DetakRiau.com dikatakan Hendarman bahwa dirinya karena inisiatif pribadi bukan karena perusahaan. "Saya putra daerah asli orang Kuantan, dan saya disini karena saya ingin melihat langsung pacu jalur ini," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Hendarman, terkait permasalahan bantuan dana untuk pacu jalur yang disayangkan oleh masyarakat Kecanatan Benai, dimana pihak perusahaan terkesan mengabaikan begitu saja. Namun dia menampik hal tersebut, "Kedepan akan kita lakukan perbaikan terhadap hal ini. Dan saat ini saya atas nama perusahaan minta maaf belum bisa membantu untuk pelaksanaan pacu jalur, sebab waktu pengajuan bantuan terlalu mepet dengan pelaksanaannya, itu saja masalah tidak tersalurkannya bantuan tersebut," jelasnya, seraya berlalu.***(dra)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -