Haul Bung Karno ke 49 di Gelar Alumni GMNI Jakarta
Jumat, 21 Juni 2019 - 13:49:26 WIB
Jakarta (DetakRiau.com) Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, GMNI, menggelar Haul Presiden Soekarno Presiden pertama Indonesia bertempat di Jalan Cikini Raya, Jakarta.

Acara akan digelar malam ini, yang akan dihadiri oleh sejumlah tokoh dan undangan serta mengundang sejumlah pejabat pemerintahan.

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah yang juga Ketua Persatuan Alumni GMNI dijadwalkan akan membuka acara Haul Bung Karno yang akan dihadiri oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva dan mantan KSAD Jenderal Budiman.

Peringatan Haul 49 tahun wafatnya Bung Karno pada hari Jumat tanggal 21 Juni 2019, akan diawali dengan Shalat Maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan membaca Al Quran surat Yassin serta Tahlil.

Presiden Soekarno meninggal pada tanggal 21 Juni 1971 setelah mengalami sakit, dan sempat di rawat di Rumah Sakit Angkatan Darat, RSPAD Jakarta.

Oleh pemerintahan Presiden Suharto, diputuskan, jenazah Bung Karno dimakamkan di Kota Blitar, Jawa Timur. Berdampingan dengan makam ibunya Idayu Nyoman Rai asal Bali. Soekarno lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni tahun 1901.

Dalam sejarah Indonesia modern, Presiden Soekarno tercatat sebagai Bapak Proklamator Kemerdekaan yang sampai sekarang masih memiliki kharisma dimata rakyat, dan dikenal sebagai orator ulung dimata rakyat Indonesia.

Soekarno juga tercatat dalam sejarah sebagai penggali Pancasila idiologi khas Indonesia yang toleran dan pluralis dibandingkan dengan idiologi lain yang lahir pada abad 17 sampai abad 19 yang lainnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Hinca Panjaitan Sekjen Partai Demokrat saat tampil menjadi pembicara pada diskusi di DPR. Orang nomor dua di partai bentukan SBY ini kembali mengucapkan selamat kepada PDIP yang telah memenangkan pemilu legislatif dan memenangkan pemilihan presiden dengan terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden untuk periode ke dua tahun 2019-2024. Walau meski capres Prabowo Soebianto yang dicalonkan oleh Partai Demokrat sedang mengajukan sengketa pemilihan Presiden ke Mahkamah Konstitusi yang sekarang ini telah memasuki tahapan pemeriksaan saksi saksi di MK. Erwin Kurai.


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -