Dukung Pemkab Pangkas Anggaran OPD Demi Penanganan Covid-19
H Azmi: Realokasi anggaran telah diatur dalam SKB Mendagri dan Menkeu-RI
Sabtu, 30 Mei 2020 - 19:43:01 WIB
 
Teks Foto: Ketua DPRD Kabupaten Siak, H Azmi SE.
TERKAIT:
SIAK-(DRC) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak mendukung langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak memangkas anggaran setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga 50 persen untuk menangani kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Sebagai bagian dari realokasi anggaran yang telah diatur dalam SKB Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu-RI), sebut Ketua DPRD Kabupaten Siak, H Azmi SE kepada Detakriau.com, Sabtu (30/05/2020) lewat telepon selulernya.

"Secara pribadi bahkan anggota DPRD Siak juga telah mengumpulkan donasi demi membantu pencegahan dan penanganan Covid-19 ini," ungkap Azmi.

Azmi juga berharap, segala upaya yang dilakukan demi membentengi masyarakat dari serangan wabah Covid-19 itu berbuah hasil.

Namun demikian, upaya memutus mata rantai itu harus dilakukan bersama-sama oleh semua unsur masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan Pemerintah semata. Kata politisi Golkar ini.

Apalagi Covid-19 sifat penyebarannya antar manusia, sehingga selain dukungan dana, untuk memutusnya harus dengan Kesadaran dan Kedisiplinan tinggi dari setiap individu. Terang Azmi

Yang terpenting bagi kita adalah suatu pelajaran bagi kita semua jangan lengah dalam hal ini, jangan menganggap spele terkait wabah Covid-19. Tambahnya

"Tetap selalu waspada walaupun kita masih dalam new normal saat ini, jangan lupa fisikal distancing itu seperti selalu bersih, mencuci tangan pakai sabun, selalu keluar rumah memakai masker dang hindari kerumunan," ungkap Azmi lagi.

Azmi menambahkan, sangat mengerti kesulitan masyarakat akibat dampak wabah yang telah mengganggu sendi-sendi kehidupan masyarakat. Negeri istana yang tadinya aman, nyaman, tenang dan damai, seketika harus berhadapan dengan wabah yang mengharuskan masyarakat merubah cara bergaul, cara berusaha bahkan tradisi.

Sebelumnya Bupati Siak H Alfedri menyampaikan, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 254 miliar lebih hasil refocusing dan realokasi anggaran OPD. Dari 50 persen pengurangan belanja barang dan jasa hasil rasionalisasi itu sebanyak Rp 172 miliar lebih.

Lalu ditambah Rp 33,7 miliar Dana Alokasi Khusus dan Dana Insentif Daerah kesehatan sebelumnya. Kemudian pihaknya juga menyiapkan Rp 44 miliar lebih di Belanja Tak Terduga (BTT) ditambah Rp 5 miliar lagi. (INF)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -