Karhutla di Tegar Duri Capai 40 Hektar
Senin, 19 Desember 2016 - 17:43:16 WIB
DURI (DetakRiau.com)-Cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini disebut-sebut menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Tegar Duri, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Bengkalis Riau. Luas yang terbakar ini sudah mencapai 40 hektar lebih.

UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) menggerakan anggota hampir satu Minggu terakhir ini turun ke lapangan untuk memadamkan api.

''Kebakarannya cukup luas, dari pagi tim BPBD Damkar hingga sore masih berjibaku untuk memadamkan api tersebut. Dengan harapan kebakaran tidak meluas ke lahan kosong lainnya,'' kata Kepala UPT BPDB Damkar Mandau, Nizam SE melalui komandan regu, Jefrianto saat dikonfirmasi GoRiau.com (GoNews Grup), Senin (19/12/2016).

Menurut Jefri, jika cuaca terus panas menjelang tahun baru nanti ada kemungkinan kebakaran semakin meluas. Otomatis tim dilapangan harus bekerja ekstra menjinakkan api yang terjadi akibat cuaca panas yang ekstrim ini.

''Mayoritas yang terbakar itu lahan gambut dan bukan milik masyarakat. Satpol PP dan TNI juga ikut membantu dilapangan saat kebakarannya cukup luas. Beruntung dua hari belakangan ini hujan turun,'' tuturnya menjelaskan secara singkat upaya yang sudah dilakukan oleh tim BPBD Damkar Mandau. (e2)

(f: grc)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -