Dirjen Gakum LHK Sudah Tegor Chevron, Chevron Jadi Sorotan Komisi VII
Kamis, 19 Oktober 2017 - 18:43:30 WIB
JAKARTA (DetakRiau.com) Dirjen Penegakan Hukum Kementeian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rasio Ridho Sani yang biasa di panggil Roy, menyatakan, kementerian LHK telah menegur PT Chevron Pasifik Indonesia agar segera memperbaiki tata kelola lingkungan dikawasan wilayah eksplorasi PT Chevron.

"Rekomendasai telah lama diterbitkan oleh Kementerian LHK  dan apa yang harus dilakukan Chevron. Sampai sejauh mana rekomendasi telah dijalankan. Kita akan mengajak untuk melakukan pengawasan bersama sama," kata Roy di Jakarta Kamis (19/10/2017) seusai RDP dengan Komisi VII DPR.

Dalam rapat dengar pendapat antara Komisi VII dengan Kementerian LHK disepekati untuk melakukan pengawasan bersama untuk memperbaiki tata kelola lingkungan perusahaan migas dan pertambangan, yang selama ini sulit disentuh oleh pemerintah, kata M. Nasir anggota Fraksi Partai Demokrat dari Dapil Riau. 

"Saya sudah lama minta agar tata kelola lingkungan PT Chevron, agar dibenahi karena sudah banyak aspirasi yang masuk ke saya", ujarnya. 

Dikatakan, masa perusahaan besar sekelas Chevron tak bisa mengelola limbah atau menata lingkungan lebih baik. Kalau memang tak punya kepedulian atas lingkungan yang lebih baik termasuk dalam mengelola limbah, sebaiknya ditutup saja, imbuhnya. 

Sayid Abubakar Asegaf dari Fraksi Partai Demokrat mengatakan lebih keras lagi. Menurutnya, sebaiknya Chevron angkat kaki dari Riau jika tidak peduli dengan kerusakan lingkungan. Saya sebagai anggota Komisi Migas di DPR merasakan arogansi Chevron.Suara kami tak didengar, katanya.

"Kami nanti akan mengecek kepatuhan Chevron atas tata kelola lingkungan, bersama sama dengan Dirjen Gakum LHK untuk turun bersama sama dengan anggota DPR RI dalam waktu dekat ini", jelasnya. 

Roy menyambut tawaran Komisi VII dalam rangka menjalan kan uji pengawasan dan kepatuhan Chevron atas rekomendasi yang telah dilayangkan oleh Kementerian LHK.

"Kita akan tunggu undangan dari Komisi VII untuk menjalankan fungsi pengawasan  bersama sama dalam menjaga kualitas tata kelola lingkungan di  Riau", papar nya. Erwin Kurai. 


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -