Pekanbaru (DetakRiau.Com) - Kinerja Tim Satgas Karhutla Provinsi Riau tahun 2017 dijadikan sebagai contoh bagi daerah lain dalam mengendalikan karhutla. Betapa tidak, karena ">
 
 
Dianggap Berhasil Tekan Terjadinya Karhutla
Kinerja Tim Satgas Karhutla Riau Jadi Contoh Bagi Daerah Lain
Kamis, 09 November 2017 - 14:07:09 WIB
Pekanbaru (DetakRiau.Com) - Kinerja Tim Satgas Karhutla Provinsi Riau tahun 2017 dijadikan sebagai contoh bagi daerah lain dalam mengendalikan karhutla. Betapa tidak, karena Tim Satgas Karhutla dianggap berhasil menekan terjadinya karhutla.

Guna mendapatkan data terkait apa yang telah dilakukan  Tim Satgas Karhutla, beberapa waktu yang lalu saat Tim Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Riau.

"Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita semua karena ini merupakan kinerja kita bersama," ujar  Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima Brigjen TNI Abdul Karim selaku Komandan Satgas (Dansatgas) saat memimpin  Rapat Evaluasi Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau di Markas Korem 031 Wira Bima, Kamis (09/11/2017).

Danrem mengatakan, kekompakan dan kesiagaan personil Tim Satgas Karhutla dalam melaksanakan pengendalian karhutla menjadi salah satu faktor dalam menekan terjadinya karhutla.

Tak hanya itu saja, lanjut Danrem, kemampuan serta segala potensi dalam mengoperasionalkan berbagai peralatan yang ada, termasuk water boombing yang selalu bertindak cepat menjadi modal utama dalam mencapai keberhasilan ini.

"Selain itu faktor cuaca beberapa bulan terakhir yang mana curah hujan yang tinggi juga turut membantu memudahkan kinerja Tim Satgas," sebut Danrem sembari menjelaskan, Tim Satgas juga terus melakukan kegiatan patroli udara dengan melibatkan pesawat-pesawat tempur yang melakukan latihan terbang di wilayah yang dianggap rawan karhutla. 

"Kita juga turut memberikan sosialisasi secara rutin kepada masyarakat terkait bahaya karhutla serta mengedukasi bagaimana cara membuka lahan yang baik dan benar," kata Danrem.

Terkait penegakan hukum terhadap perusahaan dan perorangan yang diduga melakukan pembakaran lahan dan hutan dengan sengaja, tegas Danrem, masih terus dilaksanakan Sub Satgas Penegakan Hukum Polda Riau.

"Saya berharap sanksi yang tegas serta berat kepada para pelaku dapat diekspos melalui media sehingga dapat memberikan efek jera," harap Danrem seraya mengajak seluruh anggota Satgas untuk tidak terlena terhadap kinerja positif ini  Tapi tetap terus waspada dan siap siaga apabila terjadi karhutla di Provinsi Riau.

"Kita akan meminta saran dari seluruh Tim Satgas terkait pencabutan Status Siaga Darurat Karhutla yang akan berakhir 30 November mendatang sebelum akan dilaporkan ke Gubernur Riau karena adanya laporan dari BMKG bahwa Provinsi Riau telah memasuki musim penghujan," ujar Danrem.

Sebagai Dansatgas Karhutla, Danrem mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh Sub Satgas Karhutla, antara lain Sub Satgas Darat, Sub Satgas Udara, Sub Satgas Penegakan Hukum, Sub Satgas Kesehatan, Sub Satgas Penerangan dan lain-lain.

"Karena dengan segala upaya yang telah kita (Tim Satgas Karhutla, red) lakukan dapat mengendalikan karhutla sehingga bencana kabut asap bisa dicegah," ujar Danrem.(*/ron/drc)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -