Pekanbaru (DetakRiau.Com) - Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau mengumumkan 5 besar penerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2017.">
 
 
KI Riau Umumkan 5 Besar Penerima Anugerah KIP 2017
Kamis, 30 November 2017 - 16:24:02 WIB
Pekanbaru (DetakRiau.Com) - Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau mengumumkan 5 besar penerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2017.

Kelima penerima anugerah KIP tahun 2017 yakni pertama; pemerintah kabupaten/kota, Kedua; OPD di lingkungan Pemprov Riau, ketiga; BUMD Provinsi Riau, Keempat; Perguruan Tinggi dan Kelima; Partai politik tingkat Provinsi Riau.

Koordinator pemeringkatan KI Riau Tatang Yudiansyah menjelaskan, KI Provinsi Riau menuntaskan rangkaian penilaian terhadap seluruh Badan Publik dalam ajang Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2017. Dan metode penilaian dibagi menjadi dua aspek, yakni SAQ (Self Assesment Questionnaire) dan Visitasi. SAQ adalah kuisioner yang diisi mandiri oleh badan publik terkait ketersediaan dasar hukum, sarana dan parasarana yang menunjang keterbukaan informasi publik di tempat mereka. Sedangkan visitasi adalah monitoring langsung dari Tim penilai KI Riau ke Badan Publik bersangkutan lengkap dengan draft penilaian.

"Penilaian terhadap badan publik dalam ajang pemeringkatan ini sangat ketat. Selain menilai SAQ dan Visitasi, visitor juga diminta testimoninya dihadapan pleno untuk mendeskripsikan situasi dan kondisi pelayanan informasi di badan publik tersebut," papar Tatang.

Dalam ajang Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2017 ini, jelas Tatang, KI Riau juga merilis lima badan publik yang mendapat nilai tertinggi dalam setiap kategorinya. Badan publik ini otomatis menjadi nominator dalam kategorinya masing-masing.

"Badan Publik yang mendapat peringkat pertama masih rahasia. Tenang saja, nanti akan diumumkan pada hari puncak KI Provinsi Riau Award pada Kamis, 7 Desember 2017 di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru. Kita tunggu saja," beber Tatang.

Selain lima kategori tersebut, sebut Tatang, KI Riau memberikan penghargaan khusus kepada perkumpulan dan perseorangan,  dengan kategori  pertama, Pelopor  Integritas dan Transparansi Informasi Publik Provinsi Riau. Kedua, Penggerak Transparansi Publik Provinsi  Riau. Ketiga, Duta Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Riau.

Adapun nominasi yang mendapat nilai 5 besar adalah sebagai berikut:

 *Kategori Kab/Kota* 
Kabupaten Bengkalis
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kota Pekanbaru

 *OPD Pemprov Riau* 
Dinas Pariwisata
Dinas Sosial
Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik
Dinas Penanaman Modal  dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 
RSUD Arifin Achmad

 *BUMD Provinsi Riau* 
Bank Riau Kepri 
Bumi Siak Pusako
Jamkrida
Permodalan Ekonomi Rakyat 
Riau Investment Corporation

 *Perguruan Tinggi* 
Universitas Lancang Kuning
Universitas Riau

 *Partai Politik* 
Partai Hanura
Partai Kebangkitan Bangsa
Partai Nasdem
PPP
PDI Perjuangan.(rls/ron)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -