IRGT School Gelar Praktek Manasik Haji Guna Tanamkan Nilai dan Norma Agama Sejak Dini
Kamis, 30 November 2017 - 22:18:34 WIB
Pekanbaru (DetakRiau.com) - Haji adalah merupakan rukun islam yang ke lima. Ibadah haji adalah wajib bagi seluruh kaum muslimiin yang memiliki kemampuan secara finansial, fisik dan aman dalam perjalanan. Mereka yang mampu menunaikan ibadah haji merupakan manusia manusia pilihan yang memang berniat bersih serta karana alasan Allah semata sehingga dilancarkanlah jalan menuju kegiatan Haji tersebut. 

Kita berharap dan optimis panggilan Allah datang kepada kita untuk menunaikan ibadah haji menjadi nyata, sehingga kita kelak dapat melaksanakan ibadah haji sesuai tuntunan yang benar dan kita kembali ke tanah air dengan membawa amanat “Haji Mabrur”. Aamiin.

Pelaksanaan Manasik Haji ini bertujuan Untuk  menanamkan  rasa  syukur  kepada   Allah سبحانه وتعالى , menanamkan nilai dan norma keagamaan yang kuat sejak dini dan juga mengenalkan  pelaksanaan  ibadah  haji, baik  melalui  materi  dan  praktek  langsung  kepada pesrta didik. 

Melalui peragaan manasik haji ini diharapkan pesrta didik dapat mengenal dan mengerti tata tertib haji nantinya. Selain itu, tujuan kegiatan Manasik Haji ini juga sebagai ajang untuk lebih mempererat ukhuwah Islamiah,  antara sesama  peserta didik, guru, orang tua murid IRGT School.

Alhamdulillah acara Manasik Haji IRGT School Tahun ini dilaksanakan di Masjid An-Nur Pekanbaru, Dari pukul 07.00 WIB pagi sudah terlihat peserta didik diantar para orang tua masing masing dengan  menggunakan kain ihrom untuk laki laki serta baju muslim putih putih untuk anak anak perempuan tampak semangat dan antusias mengikuti acara. Suara Talbiyah lembut terdengar dari pelataran Masjid An-Nur Pekanbaru. 

Kegiatan Manasik Haji IRGT 2017 ini diawali dengan kegiatan Absensi dan merapikan dan membenahi cara berpakaian ihrom yang benar serta memberikan tanda kelompok jamaah haji dengan dikelompokkan berdasarkan Negara-negara Islam di seluruh dunia di setiap peserta didik yang datang langsung merapat ke Wali Kelas masing-masing yang sudah membawa bendera Negara sebagai penanda kelompok haji.

Hal ini dimaksudkan agar pesrta didik semakin tahu bahwa yang menunaikan Ibadah Haji dating dari berbagai negara dan tertib sekaligus juga belajar  kusyu beribadah  tanpa harus bergandengan dengan orang tua dan juga melatih kemandirian peserta didik sebagai bekal suatu saat melaksanakan ibadah haji.

Setelah pelaksanaan Manasik Haji selesai secara tertib para peserta didik di arahkan menuju dalam masjid  An-Nur untuk melaksanakan agenda selanjutnya yaitu Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad ﷺ. Agenda Maulid Nabi Muhammad ﷺ ini penceramah Ustadz. Ade Joko dari Pekanbaru.

Alhamdulillah kegiatan Manasik Haji 2017 dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad ﷺ  ini berjalan lancar dan tertib. Tidak terlupakan ucapkan Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu demi lancarnya acara dan memberikan support tenaga, bantuan serta doa hingga terlaksannya kegiatan Manasik Haji 2017 dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Terima Kasih juga kepada  seluruh pengurus Yayasan Islam Riau Global atas dukungan dan arahan sehingga acara berjalan dengan lancar dan tertib. Semoga dipelaksanaan Manasik Haji Tahun depan bisa lebih baik lagi dari tahun ini…(rls)



 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -