Berbagai Penyakit Mulai Jangkiti Korban Banjir
Kadiskes: Layanan Kesehatan Telah Kita Bentuk di Tenda-Tenda Darurat
Senin, 27 November 2017 - 13:25:15 WIB
Pekanbaru (DetakRiau.Com) - Menangani korban banjir yang terserang penyakit, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru telah berkoordinasi dengan dinas terkait serta puskesmas dan perangkat pemerintahan kecamatan. 

Karena secara umum, warga yang terdampak banjir mengeluhkan terserang penyakit kulit dan flu serta penyakit lainnya seperti diare.

"Kita sudah melakukan penanganan bagi warga yang menderita penyakit karena terdampak banjir. Layanan kesehatan telah kita bentuk di tenda-tenda darurat. Begitu juga petugas, ambulans kita siagakan. Intinya pasien yang ingin dapat layanan kesehatan, kita sudah siap," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda S Munir kepada media beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, banjir terjadi sejak Jumat awal Desember ini. Mayoritas pemukiman warga yang terendam banjir berlokasi di bantaran Sungai Siak dan sejumlah anak sungai. Berdasarkan data laporan dari Tagana dan lainnya, sekitar 3.567 kepala keluarga atau 10.887 jiwa terdampak banjir. 

Banjir yang terjadi akibat luapan Sungai Siak di Pekanbaru saat ini melanda sejumlah titik pemukiman warga di Kecamatan Rumbai dan Tenayan Raya. Di Rumbai, banjir terjadi di Perumahan Witayu, Palas dan Meranti Pandak.
Sementara di Tenayan Raya, banjir terjadi di kawasan padat penduduk seperti di Bambu Kuning dan Rejosari. Saat ini terdapat sejumlah keluarga yang mengungsi akibat terdampak banjir tersebut.

Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT menuturkan, dirinya telah meninjau sejumlah titik lokasi banjir. Dan banjir yang terjadi di Pekanbaru mayoritas terjadi pada pemukiman yang berada di bibir Sungai Siak dan sejumlah anak sungai.

"Bantuan telah kita salurkan. Yang kita fokuskan dalam penanganan banjir ini adalah anak-anak karena mereka sedang menghadapi ujian," ujar Walikota seraya berharap seluruh pihak baik Pemerintah Kota Pekanbaru, masyarakat dan swasta dapat bersama menangani permasalahan banjir.

"Agar kebersamaan bagi masyarakat, perusahaan untuk dapat saling membantu dan bersinergi membantu korban banjir," ujarnya.(adv/diskominfo)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -