Terkait Status TNI Aktif Brigjen TNI Edy Natar Nasution
Nurhamin: Pak Edy Sudah Melapor ke KPU dan Membawa Surat Pengunduran Diri
Senin, 08 Januari 2018 - 23:11:03 WIB
Pekanbaru (DetakRiau.Com) - Saat mencalonkan diri sebagai calon Wakil Gubernur Riau  mendampingi calon Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi,  ternyata Brigjen TNI Edy Afrizal Natar Nasution jauh-jauh hari sudah mengajukan pengunduran diri secara resmi. 

Oleh sebab itu,  Brigjen TNI Edy Afrizal Natar Nasution sama sekali tidak melanggar peraturan baik Peraturan KPU maupun Undang-undang TNI dan Polri.

Brigjen TNI Edy Natar Nasution saat dihubungi lewat telepon mengungkapkan, dirinya memang sudah berkonsultasi dengan KPU dan mengajukan pengunduran secara resmi.

''Saya sudah jauh hari mengajukan surat pengunduran melalui atasan. Namun sampai saat ini keputusan pengunduran diri itu masih saya tunggu. Saya berharap keputusan itu lebih cepat lebih baik. Semoga akhir bulan Januari ini sudah saya terima,'' ucap Edy Nasution yang putra Riau ini.

Sementara itu, Ketua KPU Dr Nurhamin menjawab sinyalemen dan polemik sebagian orang  yang tentang keberadaan prajurit aktif mencalonkan diri sebagai calon kepala atau wakil kepala daerah seperti Brigjen TNI Edy Natar Nasution. 

Sesuai ketentuan UU TNI dan Polri, menurut Nurhamin, prajurit aktif yang dibolehkan mencalonkan diri sebagai kepala dan wakil kepala daerah harus mengundurkan diri selambat-lambatnya satu bulan sebelum hari pemungutan suara.

''Pak Edy sudah melapor kepada KPU dan membawa surat pengunduran dirinya secara resmi sebagai prajurit TNI. Jadi beliau sama sekali tidak melanggar peraturan,'' kata Ketua KPU Riau, Dr Nurhamin saat dikonfirmasi media, Senin (08/01/2018).

Sedangkan, Calon Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengucapkan Alhamdulillah, deklarasi pencalonan dirinya bersama Brigjen TNI Edy Natar Nasution, sebagai pasangan Cagub dan Cawagub pada Pilgubri 2018 berlangsung tertib dan lancar. 

"Terimakasih kepada segenap pengurus dan simpatisan Parpol pengusung; PAN, PKS, dan NASDEM atau Koalisi Riau Bersatu (Karib). Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat Riau, dan segenap elemen rakyat yang hadir dengan tulus ikhlas di lokasi acara. Saya akan terus mengingat berbagai pesan, harapan, dan amanat yang disampaikan banyak masyarakat, baik langsung maupun melalui media sosial. Termasuk pesan dari tokoh Reformasi Indonesia, Bapak Amien Rais yang hadir menyampaikan orasi. Beliau menitipkan nasehat bahwa saya harus menjadi 'Bapak untuk semua golongan" guna perubahan RIAU LEBIH BAIK," ujar Syamsuar.

Jalan perjuangan ini, kata Syamsuar, masih panjang. Untuk itu, mohon selalu doa dan dukungannya. 

"Perubahan ini harus kita lakukan bersama. Semoga Allah Taala meridhoi setiap niat baik kita, untuk mewujudkan RIAU tercinta menjadi negeri yang Baldatun Thayyibatun wa rabbun Ghafur. Aamin," ujar Syamsuar.

Seperti diberitakan, pasangan cagub-cawagub H. Syamsuar dan Edy Nasution sudah mendeklarasikan pencalonan mereka di Lapangan Bukit, Pekanbaru, Minggu (06/01/2017) lalu. Selanjutnya pasangan yang maju pada Pilgubri 2018 nanti juga sudah mendaftarkan diri di KPU Riau secara meriah. Pasangan ini merupakan kontestan pertama yang mendaftarkan diri.

Edy Natar Nasution yang sudah berkarir sebagai anggota TNI sekitar 38 tahun yang bertugas di berbagai kota di Indonesia dan di luar megeri  dengan berbagai jabatan. Sesuai ketentuan, lebih kurang setahun lagi, Edy akan memasuki masa purnawirawan. Edy sendiri mulai bertugas sebagai Danrem 031/ Wirabima belum sampai satu tahun. (*/ron)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -