Universitas Yang Mendirikan Politeknik akan Diusulkan Supaya Ditutup oleh Menristekdikti
Kamis, 01 Februari 2018 - 13:42:09 WIB
JAKARTA (DetakRiau.com) Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan minta pada Menristekdikti  agar menertibkan perguruan tinggi yang berstatus universitas sekaligus membuka program pendidikan politeknik.

Supaya agar tujuan pendirian unversitas tak dicampur adukan dengan pendikan vocational yang dalam rumpun besarnya disebut politeknik atau jenjang strata D3.

"Nanti  secara bertahap universitas yang memiliki prodi kelembagaan ganda akan dievaluasi, sebelum izinnya dicabut", katanya.

Adapun perbedaan antara universitas dengan politeknik adalah lulusan Universitas berorietasi sebagai peneliti dan dosen. Sedangkan,  prodi politeknik untuk melahirkan lulusan ketrampilan praktisi atau vocational, ujar Ferdiansyah wakil Ketua Komisi X di Jakarta (30/1/2018).

Sementara itu, sebelumnya, Menristekdikti M Nasir dalam rapat kerja dengan Komisi VII kembali  dicecar oleh anggota Komisi VII yang membidangi riset dan teknologi terkait bantuan teknologi kepada universitas yang memilki fakultas kedokteran.

"Saya sudah mengusulkan bantuan untuk Fakultas Kedokteran Universitas Islam Riau,UIR. Kepada Dirjen Inovasi, agar supaya lulusan fakultas kedokteran selain menguasai teknologi juga dibekali dengan pendidikan moral sebagai dokter yang juga orang Indonesia. Akan tetapi bantuan dari  Menristekdikti tersebut malah belum kunjung terealisir hingga sekarang ini, kata Sayed Abubakar anggota Komisi VII dari Fraksi Partai Demokrat.

Sayie juga mempertanyakan nganggurnya pembangkit listrik tenaga surya di Kabupaten Meranti, Propinsi Riau, yang belum terkoneksi  dengan jaringan listrik PLN. 

Padahal warga Meranti masih kekurangan listrik, dan listrik di desa masih byar pett, jelasnya.

Apa proyek yang di danai oleh APBN dari Kementerian ESDM sebagai energi baru dan terbarukan yang minim polusi dibiarkan mangkrak selamanya, tanyanya. Erwin Kurai.


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -