Dewan Kuansing Tanggapi Curhatan Kades
Mutiara: Pemkab Harus Bangun Infrastruktur Skala Prioritas
Sabtu, 03 Februari 2018 - 16:37:37 WIB
BASERAH (DetakRiau.com) - Jelang gelaran Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2018 Kabupaten Kuantan Singingi di Kecamatan Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang, yang akan dilaksanakan pada Selasa (6/2/2018) pekan depan.

Mutiara, anggota DPRD Kuansing asal Dapil III Kuansing tanggapi curahan hati (curhat) Pimpinan Pemerintahan tingkatan terendah yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat, terkait pembangunan daerah yang masih diharapkan menjadi skala prioritas pembangunan Pemerintah Daerah dari sejumlah Kepala Desa di dapilnya tersebut, Sabtu (3/2/2018) di Baserah.

Seperti yang disampaikan Kepala Desa (Kades) Pulau Kijang, Hardiamon, salah satu yang merupakan pembangunan yang sangat berskala prioritas seharusnya di Baserah, tepatnya di Desa Pulau Kijang Kecamatan Kuantan Hilir selama ini belum tersentuh sama sekali.

"Selama saya jadi Kades sudah hampir 10 tahun belakangan ini selalu mengusulkan untuk pengaspalan jalan menuju Arena Pacu Jalur Baserah yang panjangnya lebih kurang sepanjang 3 kilometer, namun hingga saat ini belum juga tampak titik terang akan dibangun atau diaspalnya jalan tersebut," kata Hardiamon.

Padahal, lanjut Kades Pulau Kijang, akses jalan ini merupakan satu satunya jalan yang menuju ke Arena Pacu Jalur di Baserah tersebut. "Meskipun ada jalan lain, itu hanya jalan setapak saja. Saya berharap agar adanya rasa prihatin pemerintah terhadap akses ke arena perhelatan budaya Kuansing ini," kata Hardiamon, dengan nada agak sedikit hiba dan kecewa.

"Jalan ini bukan hanya untuk kepentingan satu desa saja, bahkan jalan ini merupakan kepentingan masyarakat Kecamatan dan Kabupaten Kuantan Singingi, mengapa saya katakan demikian, 'jalan ini merupakan denyut nadi menuju ke Arena Pacu Jalur Baserah yang merupakan tempat perhelatan Kebudayaan Kuansing'," tutur pria yang sudah 2 periode menjabat Kades Pulau Kijang ini.

Ditempat yang sama, anggota DPRD Kuansing, Mutiara menanggapi curhatan Kades tersebut. Dimana dirinya berharap kepada Pemkab Kuansing agar lebih jelih lagi dalam menskala prioritaskan pembangunan kedepannya.

"Saya yakin pemerintah selalu memikirkan masyarakat, untuk itu kepada Pemkab Kuansing melalui Dinas PUPR Kuansing saya atas nama masyarakat Baserah berharap akses jalan menuju Arena Pacu Jalur ini agar segera dilakukan pengaspalan. Sebab, tribune hakim atau tribune finish pacu jalur sudah dibangun oleh Pemkab Kuansing pada tahun 2017 lalu, namun akses jalan menuju ke arena nya belum juga diaspal, saat hujan turun menjadi kubangan kerbau," kata Mutiara.

Dikatakan Mutiara, dirinya juga berharap kepada Pemerintah Kecamatan nantinya juga mengusulkan pembangunan skala prioritas ini, baik itu dalam Musrenbang maupun dalam kesempatan lainnya, "Jangan bosan, terus usulkan dan terus ingatkan kepada Pemkab Kuansing, dan Dinas PUPR. Saya juga mengajak kepada rekan rekan anggota DPRD Kuansing yang merupakan dari Dapil III untuk bersama sama menyuarakan hal ini, jalan ini sangat penting baik itu untuk kepentingan kebudayaan maupun kehidupan masyarakat sehari harinya," kata anggota DPRD Kuansing 2 periode itu.

Dirinya juga berharap, "Kepada media, baik itu media cetak maupun online yang ada di Kabupaten Kuansing agar menjadi corong informasi pembangunan yang memang skala prioritas, hal ini guna untuk percepatan pembangunan yang merata dan wajar dibangun oleh Daerah. Camat KH dan KHS serta unsur unsur masyarakat lainnya pun harus peduli dengan hal ini," pinta Mutiara.***(dra)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -