Pertanggungjawaban UED SP Tahunan Kabupaten Bengkalis
MDPT UED SP Usaha Jaya Bersama Desa Lubuk Garam Tahun 2017
Kamis, 22 Maret 2018 - 22:22:51 WIB
 
Teks foto : Ketua UED SP Usaha Jaya Bersama Rico Candra SP menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Pemanfaat yang aktif dan teladan setiap bulan ansuran.
TERKAIT:
   
 

BENGKALIS-(Detakriau.com)
Musyawarah Desa Pertanggung jawaban Tahunan (MDPT) Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) Usaha Jaya Bersama 2017 Desa Lubuk Garam Kecamatan Siak Kecil Bagi bagi Reward, doorprise dan hadiah lainnya kemanfaat, agenda acara tahunan ini dipusatkan dihalaman kantor Desa, kamis (22/3/2018).

Dalam agenda MDPT ini terdapat berbagai agenda penting, diantaranya laporan dari pengelola UED-SP kepada pemerintah desa dan kepada para pemanfaat dan masyarakat terkait pelaksanaan UED-SP tahun sebelumnya.

Ketua Ued-SP Usaha Jaya Bersama Rico Candra SP dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat dan juga pihak pemerintah desa, pihak pemerintah kecamatan yang selalu memberi masukan dan saran dalam mengelola UED-SP ini, dan kepada pemanfaat yang telah menunaikan semua kewajiban dalam membayar tepat waktu juga berharap untuk yang masih menunda kewajiban agar dapat menyelesaikannya.

Ketua UED-SP Rico juga memaparkan laporan Pertanggungjawaban tahun 2017, dana yang telah bergulir ke pemanfaat dari kabupaten tutup buku mencapai Rp 10.083.500.000 dengan pemanfaat 722 orang, dan dikurangi pemanfaat sudah lunas 450 orang sehingga tersisa 272 desa orang yang masih berjalan, baik dari perdagangan, perkebunan, perikanan, peternakan, industri kecil dan jasa.

" Tahun ini kita menghasilkan SHU sebesar Rp. 69.914.150 dan dana yang telah bergulir kepada masyarakat yang bersumber dari Kabupaten Bengkalis sebesar Rp. 10.083.500.000," jelas rico

Sementara itu Kepala Desa Lubuk Garam Mazlan menyampaikan, dengan adanya UED SP ini masyarakat sangat terbantu perekonomian nya, dan hendak nya bagi para pemanfaat untuk tetap menunaikan kewajiban membayar angsuran tepat waktu, hal ini guna kelancaran untuk pemanfaat yang ingin meminjam lagi.

Lanjut Mazlan, apresiasi terhadap pihak bank mandiri yang telah menyalurkan hadiah doorprise kepada UED-SP Usaha Jaya Bersama, dan pihak Ued-Sp atas terselenggara MDPT ini dengan baik dan bekerja keras lagi dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat, terutama para pemanfaat.

" Kami dari pemerintah desa menghimbau perangkat desa, lembaga lembaga didesa memberi contoh kepada warga yang ada menjadi pelaku atau pemanfaat yang bijaksana didalam UED-SP ini, karna salah satunya pertumbuhan membangun ekonomi masyarakat didesa Lubuk Garam," pintanya

Sambung Mazlan, apa ada apa manfaat kedepannya  marilah sama-sama bangun dan kembangkan UED-SP ini, dikala dahulunya menunggak sampai 2,3 bulan untuk tahun kedepan marilah sama sama menurun penunggakannya, atau mulai saat ini jangan pernah ada penunggakan lagi demi kelancaran dan majunya UED-SP Usaha Jaya Bersama.

Pada kesempatan itu Pendamping Desa Ekonomi (PDE)Th 2018 Donny Dwi Kasnada SE menjelaskan, meskipun banyak PR di Ued Sp Usaha Jaya Bersama yang harus diselesaikan namun dengan perlahan lahan akan terselesaikan, dengan tahap awal bersama sama kita mengatasi tonggakan yang terlihat cukup besar lebih kurang 12 persen.

Program di Kabupaten Bengkalis pada tahun ini berdasarkan Peraturan Bupati No 71 tahun 2017 adalah peleburan Ued-Sp ke dalam Bumdes, Yang pastinya ued-sp sekarang ini akan berubah namanya menjadi Usaha Unit Simpan Pinjam (UU-SP) dan juga menjadi salah satu unit usaha yang bergerak di bidang jasa keuangan.

" Berdasarkan peraturan Bupati nomor 71 tahun 2017 yang ditandatangani oleh Bapak Bupati Bengkalis bahwa nanti setelah dilebur syarat pinjaman yang dulunya itu maksimal hanya 30 juta rupiah untuk pemanfaat, tapi setelah melebur syarat pinjaman itu naik menjadi maksimal 60 juta rupiah," terang Donny

Dengan demikian lanjut Donny, artinya pemerintah Kabupaten Bengkalis benar-benar memberi kesempatan kepada masyarakat melakukan kegiatan usaha tentunya bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat diwilayah negeri junjungan ini.Beliau juga berharap, pemanfaat bersedia bekerjasama saat tim kelapangan saat pendataan ulang dan diverifikasi nantinya sehingga berjalan dengan baik dan memajukan serta mengembangkan Ued-Sp Usaha Jaya Bersama. Tutup Donny

Dalam acara MDPT tahun 2017 ini UED-SP Usaha Jaya Bersama memberikan bantuan santunan anak yatim dan kaum dhuafa serta menggelar bagi bagi Reward,hadiah seperti Kulkas, almari,dan Hadiah Bonus lain-lain nya kepada pemanfaat kategori terbaik dan yang beruntung.

Dalam acara MDPT ini tampak hadir, Pimpinan Bank Mandiri sungai pakning, Kepala Desa Mazlan, Korcam Ekonomi Siak Kecil, Pendamping Desa Ekonomi tahun 2017 dan 2017, PDE Desa Sungai siput, direktur Bumdes, Bpd, perangkat desa, pengelola UED-SP Usaha Jaya Bersama, tokoh masyarakat dan seluruh pemanfaat. (Yusd)

 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -