Pembentukan Karakter Bangsa Budaya Generasi Muda
Pasi Ter: RT dan RW Sangat Berperan
Selasa, 17 Juli 2018 - 23:54:16 WIB
 
Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Iwan Andoko di acara pembukaan Sosialisasi Pembentukan Karakter Bangsa Budaya Generasi Muda tahun 2018.
TERKAIT:
Tembilahan, DetakRiau.Com - Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Andrian Siregar diwakili Pasi Ter Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Iwan Andoko menghadiri acara pembukaan Sosialisasi Pembentukan Karakter Bangsa Budaya Generasi Muda tahun 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) itu berlangsung di Hotel Telaga Puri Jalan Lingkar II Kelurahan Pekan Arba Kecamatan Tembilahan Kabupaten Inhil, Selasa (17/07/2018).

Pasi Ter Kodim 0314/Inhil menyampaikan, wawasan kebangsaan kepada seluruh peserta dengan materi ”Peran  Masyarakat  Menciptakan  Ketertiban  dan Keamanan Lingkungan”. 

"Kita adalah  bangsa besar yang terdiri dari ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai macam etnis suku, agama, ras dan golongan dengan keaneka ragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia serta kesuburun alamnya, itulah merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang belum tentu dimiliki oleh negara lain," papar Pasi Ter.

Pasi Ter  menjelaskan, masalah Ketertiban dan Keamanan Lingkungan masyarakat bukan tanggung jawab aparat keamanan saja,  Namun tanggung jawab semua pihak, baik aparat keamanan, pemerintah dan seluruh komponen secara  terpadu. 

"RT dan RW sangat berperan  mensosialisasikan kepada warganya secara kontinyu untuk membudayakan taat azas dan aturan," katanya.

Saat ini sistem Keamanan Lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah pos ronda, karena merupakan sistem keamanan lingkungan. Di mana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan.  Pos ronda dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan. Dan setiap masyarakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban  dengan menjalankan sistem piket atau ronda malam yang di rotasi dalam setiap minggunya.

"Nita sudah mengetahui bahwa ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, Maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran akan kepedulian keamanan dan ketertiban, RT dan RW menggugah warganya untuk peduli lingkungan,  Dengan  kepedulian  sejak  dini  di  tingkat  RT dan RW, maka setiap gejolak  yang mungkin timbul dapat di antisipasi  dengan  tepat  dan benar serta tidak melanggar aturan hukum yang berlaku," papar Pasi Ter Kodim 0314/Inhil.(*/ron)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -