SIAK (DetakRiau.com) - Bupati Siak H. Syamsuar yang didampingi oleh Wakil Bupati Siak H. Alfedri beserta istri secara resmi melepas pawai ta'aruf, MTQ tingkat Kabupaten Siak ke XVIII di desa Tualang Barat Kecamatan Tualang,">
 
 
Diikuti 8.820 Peserta
Bupati Lepas Peserta Pawai Ta'aruf MTQ Ke-XVIII Tingkat Kabupaten Siak
Kamis, 26 Juli 2018 - 22:31:01 WIB
 
Bupati Siak H. Syamsuar didampingi  Wakil Bupati H. Alfedri melepas pawai ta'aruf, MTQ tingkat Kabupaten Siak ke XVIII di desa Tualang Barat Kecamatan Tualang, pagi minggu, (22/07/2018)
TERKAIT:
 
 

SIAK (DetakRiau.com) - Bupati Siak H. Syamsuar yang didampingi oleh Wakil Bupati Siak H. Alfedri beserta istri secara resmi melepas pawai ta'aruf, MTQ tingkat Kabupaten Siak ke XVIII di desa Tualang Barat Kecamatan Tualang, pagi minggu, (22/07/2018).

Tahun ini giliran kecamatan Tualang yang menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Siak. Dari pantauan pelaksanaan pawai ta'aruf berjalan cukup meriah masyarakat tualang tumpah ruah menyaksikan acara itu, sebagai tuan rumah kecamatan tualang, terbanyak menurunkan peserta pawai yang berjumlah 3500 orang. Merupakan yang terbanyak dari kecamatan lain.

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XVIII Tingkat Kabupaten Siak di Tualang Resmi dimulai dengan ditandai melakukan pelepasan balon keudara sebagai tanda dimulainya kegiatan pawai ta'aruf tersebut.

Sebanyak 8.820 peserta pawai dari 14 Kecamatan Se-Kabupaten Siak, tumpah ruah di jalan lintas Perawang, Tualang itu. Dimulai dengan peserta Kecamatan Siak dengan jumlah peserta 500 orang.

Dalam Agenda Acara Tahunan ini dimeriahkan dengan Marching Band Siak yang berdiri tahun 2003, dibawah kepemimpinan Dinas Pemuda dan Olahraga dengan jumlah anggota 80 orang ini berada di barisan terdepan.Dan memberikan penghormatan kepada tamu dan undangan VIP didepan panggung.

Image may contain: 4 people, people smiling, people on stage, crowd and outdoor
Peserta Marching band ikut meriahkan acara

Marching Band Siak ini memiliki segudang prestasi diantaranya pernah meraih juara 1 music ensable tahun 2014 dan juara 2 Drumline Battle serta juara umum pada ajang Riau Open Marching Band Competition tahun 2015.

Tidak hanya itu, Marching Band Siak ini juga pernah menjadi Runner Up pada tahun 2016 di ajang  Sumatera Marching Open Championship dan tahun ini juga akan mengikuti Indonesia Drum Crop Competion 2018 divisi Internasional Class.

Selanjutnya disusul dengan barisan dari Kecamatan Siak yang menampilkan mobil hias miniatur Balai Kerapatan Tinggi Siak. Dimana Balai Kerapatan Tinggi Siak ini merupakan bangunan tempat mengatur segala urusan pemerintah dahulunya.

Image may contain: 6 people, people smiling, people standing
Peserta lambaikan tangan kepada  Bupati H.Syamsuar

Balai Kerapatan sebagai kantor Sultan, tempat Sultan ditabalkan serta musyawarah para dewan Menteri Kerajaan dalam rangka mengatur tata pemerintahan kerajaan dan berfungsi sebagai Mahkamah menegakkan keadilan segala perkara, baik perdana maupun perdata, semua bertujuan untuk kemaslahatan umat kerajaan Siak.

Saat ini Balai Kerapatan Tinggi ini bernama Balairung Sri yang berdiri kokoh sebagai saksi bisu bahwa negeri Siak dahulunya menjunjung tinggi tertib administrasi dalam menjalankan roda pemerintahan dan hal ini berlanjut hingga saat ini.

Ketua Panitia Pawai Ta'aruf, Mahadar menyampaikan total peserta pawai sebanyak 8.820 orang ini terdiri dari Kecamatan Siak 500 orang, Sungai Apit 420 orang, Mempura 350 orang, Bungaraya 350 orang, Kotogasib 340 orang, Sungai Mandau 480 orang, Kerinci Kanan 300 orang, Kandis 530 orang.

Selanjutnya Kecamatan Minas dengan peserta 600 orang yang dibuka dengan opera singkat tentang Quran Center yang merupakan program Bupati Siak, Syamsuar yang bakal dibawa ke Provinsi Riau.

Dibarisan selanjutnya Kecamatan lubuk dalam dengan jumlah peserta 300 orang, Pusako 250 orang, Sabak Auh 300 orang, Dayun 600 orang dan 3.500 orang dari Kecamatan Tualang sebagai tuan rumah helat tahunan ini.

Sementara itu Bupati Siak H. Syamsuar seusai acara mengatakan, Kiranya Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Pada tahun ini lebih baik dan berkwalitas, dan bisa membawa nama kabupaten Siak baik tingkat provinsi dan juga ketingkat Nasional.

Image may contain: 7 people, people smiling, people sitting and child
Lambaian tangan dari panggung kehormatan


" Kita harapankan MTQ tahun ini, dapat berjalan lancar dan melahirkan Qori yang berkwalitas dari tahun tahun sebelumnya," terang Syamsuar.

MTQ ke XVIII pada tahun ini, merupakan tahun terakhir Bupati Siak H. Syamsuar membuka. Harapan Syamsuar, bukan tidak mungkin saya membuka MTQ kabupaten Siak tahun depan, namun di sesuaikan dengan jadwal yang ada, kalau jadwal pemungkinkan saya siap hadir, begitu juga dengan MTQ di kabupaten lain saya siap menghadiri (ADV-Diskominfo)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -