China dan Jepang akan Bersaing Manfaatkan Hasil Tambang Freeport Indonesia
Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:54:03 WIB
JAKARTA (DetakRiau.com) Jepang dipastikan akan menjadi pemain baru dalam
pemanfaatan hasil tambang PT Freeport Indonesia setelah tahun 2021 atau
saat  berakhirnya kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Hasil tambang Freeport sebelumnya sudah di ekspor untuk kebutuhan Industri China dan industri tambang Australia. Sementara untuk hilirisasi didalam negeri setelah tahun 2021. Pemerintah telah memutuskan PT Inalum sebagai manajemen baru di PT Freeport, yang sebelumya telah lebih dahulu terlibat kerjasama dengan Jepang.

Untuk sumber pembiayaan pengambilalihan saham Freeport yang sudah habis masa kontraknya. Manajemen baru PT Inalum memutuskan akan merencanakan akan menggunakan sumber dana sindikasi perbankan dari Jepang.

Hingga sekarang Freeport masih berpeluang memperpanjang kontrak sampai 10 tahun kedepan. Kontrak tersebut berlaku otomatis dan harus di setujui oleh pemerintah Indonesia. Akan tetapi kontrak perpanjangan generasi II yang ditanda tangani pada tahun 1991 itu tidak mengatur hak PT Freeport untuk mengekspor hasil tambang kecuali seizin pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia dibawah Presiden Jokowi sudah  memutuskan untuk membeli saham PT Freeport  dengan menjadi pemegang sahan mayoritas 51 persen, kata  Johny Plate anggota Komisi Keuangan dari Fraksi Nasdem di Jakarta Senin (8/10/2018).

Selama beroperasi di Papua selama 50 tahun, PT Freeport belum membayar pajak air permukaan dan kerusakan
lingkungan. Yang nantinya akan dibayar oleh Inalun dan Freeport.

Sunario Hadede mantan Ketua Komisi VI DPR RI pernah mengatakan perpanjangan kontrak PT Freeport generasi II tahun 1991 tanpa persetujuan Komisi VI lebih dahulu awalnya, katanya. Perpanjangan kontrak Freeport dilakukan oleh Menteri Pertambangan Ginanjar Kartasasmita. Sehingga pemilikan saham berubah jadi milik Freeport, pemerintah dan Bakri meski cuma minoritas, jelas  Ketua Fraksi Hanura Inas Nasrullah Zubir.Erwin Kurai.


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -