Menuju Swasembada Daging
Pemprov Riau Salurkan 70 Ekor Kerbau Ke 7 Poktan di Kuansing
Sabtu, 13 Oktober 2018 - 19:51:57 WIB
TELUKKUANTAN, DetakRiau.Com - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, pada Sabtu (13/10) menyalurkan bantuan pengembang-biakkan 70 ekor kerbau kepada 7 kelompok tani yang ada di sejumlah wilayah di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

"Kelompok tani penerima bantuan kerbau yang awalnya telah menyampaikan proposal, dengan sumber anggaran dananya dari APBD Propinsi Riau tahun ini, sudah terealisasi, dan hari ini saya mewakili Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kuansing ikut menyaksikan penyerahan kerbau tersebut kepada kelompok tani,” ungkap Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kuansing Drh. Ardhy Perdana, usai acara penyerahan kerbau kepada kelompok tani Desa Sawah, Kuantan Tengah, Sabtu (13/10).

Menurut Ardhy, bantuan kerbau yang diberikan untuk Kabupaten Kuansing untuk 7 kelompok dengan total 70 ekor kerbau,  dengan rincian 20 ekor untuk dua kelompok tani Desa Giri Sako Kecamatan Logas Tanah Darat, 10 ekor untuk kelompok tani Desa Langsat Hulu Kecamatan Sentajo Raya.

Berikutnya ada 10 ekor untuk kelompok tani Desa Sawah Kecamatan Kuantan Tengah, 10 ekor bagi kelompok tani Desa Gunung Kesiangan Kecamatan Benai, 10 ekor kelompok tani Desa Koto Rajo Kecamatan Kuantan Hilir Seberang dan 10 ekor lagi untuk satu kelompok tani di Kecamatan Gunung Toar.

"Total jumlah bantuan kerbau ini sebanyak 70 ekor, 14 ekor jantan dan 54 betina, dengan rincian 7 kelompok tani di 6 Kecamatan di Kuansing, semua kerbau itu tadi sudah diserahkan oleh pihak Dinas Pertanian Provinsi Riau kepada kelompok tani. Dan pada penyerahan itu anggota DPRD Provinsi Riau, bapak Sugeng Pranoto juga ikut mendampingi, kita harapkan bantuan kerbau ini, masyarakat bisa lebih giat lagi dalam mengembang-biakkan dan Kuansing bisa swasembada daging," tandas Ardhy.

Sementara terpisah, Wakil Bupati Kuansing H Halim, dikonfirmasi terkait bantuan kerbau tersebut menyampaikan apresiasi dan ucapan terimaksih kepada pihak Pemprov Riau yang telah menyalurkan bantuan kerbau bagi kelompok tani Kuansing.

"Upaya yang dilakukan Pemprov Riau menambah populasi kerbau adalah dukungan melalui program bantuan ternak seperti ini patut di apresiasi. Dan Pemkab Kuansing tentu akan mendorong program ini dengan melakukan pemantauan dan pengawasan kepada petani, agar pengembang-biakkan kerbau ini berjalan sebagaimana yang kita harapkan," ujar Halim singkat.(dra)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -