Rohil (DetakRiau.com) - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) merupakan salah satu kabupaten lumbung pangan di Provinsi Riau. Pemerintah Kabupaten Rohil terus memberikan perhatian kepada petani agar mereka termotivasi untuk ">
 
 
Pemkab Rokan Hilir Komit Kembangkan Sektor Pertanian
Senin, 03 Desember 2018 - 01:46:55 WIB
Rohil (DetakRiau.com) - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) merupakan salah satu kabupaten lumbung pangan di Provinsi Riau. Pemerintah Kabupaten Rohil terus memberikan perhatian kepada petani agar mereka termotivasi untuk terus berinovasi meningkatkan produktivitas padi.

Hal itu di sampikan Wabup Rohil Drs H Jamiludin melakukan panen raya padi seluas satu hektare di Kepenghuluan Teluk Piyai, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rohil beberapa waktu lalu.

 Panen raya sekaligus peresmian kilang padi itu dihadiri Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Riau diwakili Kabid Pertanian Gusriani, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pertanian Rohil Isa Ahmadi, Camat Kubu Asrul, Camat Kubu Babussalam Ahmad Atin, Danramil 04/Kubu Kapten Inf Al Farizi, Kapolsek Kubu AKP Sofyan, dan Gabungan Kelompok Tani serta tokoh masyarakat setempat.

Usai melakukan panen raya, Plt Bupati serta rombongan melanjutkan melakukan peninjauan lahan yang nantinya akan dijadikan tanggul waduk air untuk mengatur debit air yang akan mengaliri persawahan.

Selanjutnya Jamiludin menyerahkan bantuan dari Pemprov Riau berupa satu unit mesin pompa air serta tujuh hand sprayer kepada kelompok tani setempat.

Bantuan dari Pemprov Riau terbanyak di Rohil berada di Kecamatan Kubu, mulai dari infrastruktur jalan maupun bantuan lainnya dengan total hampir mencapai Rp 60 miliar," Terang Plt Bupati.

Dia berharap bantuan yang telah diberikan tesebut agar bisa dimanfaatkan dan dijaga dengan baik.

Sementara Ketua Kelompok Tani Pelita, Kecamatan Kubu, Sutiswono mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau maupun Pemerintah Daerah setempat yang telah memberikan bantuan.

 "Terima kasih atas bantuan yang diberikan. Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat mensejahterakan petani khususnya di Kecamatan Kubu," Paparnya.

Komsumsi Berasi Lokal

Image may contain: one or more people, flower, outdoor and nature
 Kualitas beras lokal tersebut bahkan tidak kalah dengan beras-beras dari daerah lain. Namun sayang beras asal Rokan Hilir kalah terkenal dengan merek lainnya yang beredar.

 Untuk kembali memperkenalkan dan meningkatkan konsumsi beras lokal, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir membuat program konsumsi beras lokal bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Rohil.

Kata Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Rokan Hilir, Isa Ahmadi, program ASN konsumsi beras lokal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat para petani yang ada di Rohil untuk menanam padi.

 Kita sudah ada target, seluruh hasil padi yang ditanam para petani Rohil akan kita serap, sehingga harga jual para petani juga terbantu, Selasa (10/4/2018).

 Ia mengatakan program ASN konsumsi beras lokal ini sudah berjalan sejak 5 April 2018 lalu. Isa menyebutkan, program ini mendapat respon yang bagus dari para pegawai di Rohil dan sudah diterapkan di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Bahkan sudah sekitar 1 ton beras yang terjual.

 Untuk mendapatkan beras lokal ini, Pemkab Rohil Dinas Pertanian sebagai distributor. "Untuk mengawali kita yang ditunjuk, namun kedepan bisa saja diambil alih oleh BUMD, karena untuk tahap awal ini bagaimana kita melihat respon para pegawai," sebutnya.

Sebut Isa, ada beberapa pilihan bagi para ASN yang telah disiapkan, seperti Sigudang, Siherang maupun Sikuning.

Untuk jenis Sigudang stoknya agak terbatas, hal tersebut dikarenakan masa tanam jenis Sigudang tersebut memakan waktu hingga 6 bulan.

"Selain masa tanamnya yang lama prosuksinya juga tidak sebanyak jenis beras yang lain, sehingga para petani cenderung menanam jenis yang bibit unggul," jelas Isa.

Meski demikian jelasnya, jika jenis sigudang kehabisan stok, pihaknya akan menawarkan jenis beras lainnya. "Karena rasanya juga tidak kalah dengan beras Sigudang, " ujarnya.

Terima Bantuan Alat Pertanian


Image may contain: one or more people and outdoor
 Kelompok Tani (Poktan) padi Pelita di Kepenghuluan Teluk Piyai Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir menerima bantuan alat pertanian dari Pemerintah Propinsi Riau melalui Dinas Pertanian dan tanaman Pangan.
        
Bantuan alat alat pertanian yang diterima tersebut berupa tujuh unit pompa mesin air merk hans spayer, bantuan Pemprop untuk poktan di Kubu itu diserahkan oleh Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin.
        
Penyerahan juga di saksikan Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Riau diwakili, Kabid pertanian Ir Gusriani, dan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Rokan Hilir Drh Isa almadi, saat kegiatan panen raya padi di Teluk Piyai Kecamatan Kubu. Selasa (13/3)
         
Dalam sambutannya, Plt Bupati Rohil Drs H.Jamiludin mengatakan, Provinsi Riau memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan yang tengah digalakkan di Kabupaten Rokan Hilir. Rp. 60 Miliar telah digelontorkan Pemprop Riau untuk membangun infrastruktur di negeri seribu Suluk itu. Seperti pembangunan jalan, jembatan dan lainnya.
         

"Bantuan yang disalurkan Provinsi Riau ini hendaknya dipelihara dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan para petani, sehingga bisa meningkatkan ekonomian petani dimasa akan datang ", ungkap Jamiluddin.
        
Sementara, Poktan Pelita, Sutiswono mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Riau dan Pemkab Rokan Hilir yang telah banyak membantu masyarakat petani di Kecamatan Kubu, sehingga para petani merasa terbantu dan memanfaatkan mesin pompa air ini.
         
“Bantuan ini memang sangat diperlukan oleh kami para petani di Teluk Piyai ini, dengan adanya mesin mesin pertanian ini akan mempermudah kerja kami menggarap sawah, dan harapan kami hasilnya nanti juga akan berlipat ganda,” ungkap Sutiswono ( Advetorial/Pemkab Humas )
   


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -