Pekanbaru (DetakRiau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menargetkan pleno rekapitulasi perolehan suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, untuk Kecamatan Tampan akan tuntas har"> Pekanbaru (DetakRiau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menargetkan pleno rekapitulasi perolehan su" />
 
 
Sore Ini KPU Pekanbaru Targetkan Pleno Perolehan Suara Pemilu Kecamatan Tampan Selesai
Jumat, 10 Mei 2019 - 16:22:23 WIB
 
Pleno perolehan suara pemilu tingkat Pekanbaru untuk kecamatan Tampan diperkirakan tuntas Jumat ini, untuk selanjutnya diikutkan tingkat Riau, tampak proses alot dalam pleno kecamatan. (antara)
TERKAIT:
Pekanbaru (DetakRiau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menargetkan pleno rekapitulasi perolehan suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, untuk Kecamatan Tampan akan tuntas hari Jumat ini.

"Insyaallah sore ini selesai," kata Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto, kepada antara melalui telepon seluler di Pekanbaru, Jumat.

Anton Merciyanto menjelaskan, dengan selesainya Tampan, KPU Pekanbaru sudah bisa langsung menyerahkan hasil pleno 12 kecamatan setempat ke KPU Riau untuk diikutkan pada pleno tingkat provinsi Riau.

Diakui Anton pleno Tampan lumayan alot dan molor, pihaknya yang awalnya menargetkan rekapitulasi kecamatan terakhir Tampan, estimasi selesai pukul 24.00 WIB usai Tarawih pada Kamis.

Namun hingga hampir pukul 23.00 WIB, kegiatan pleno yang dilaksanakan di Kantor KPU Pekanbaru tidak kunjung dimulai. Alasannya karena sebagian formulir belum selesai ditandatangani di Kecamatan Tampan. Akhirnya Ketua KPU Pekanbaru mengumumkan bahwa pihaknya sudah berkoordinas dengan KPU Riau terkait kondisi ini. Ia pun mengusulkan kepada peserta untuk mengundur kembali pleno hingga pukul 09.00 WIB pada Jumat ini.

"Rencananya kita memang selesai Kamis tengah malam karena kita dijadwalkan tanggal 11 Mei menyampaikan hasil rekap ke KPU Provinsi tetapi lanjut Jumat ini," ujar Anton.

Anton mengatakan, pleno di Tampan memang memakan waktu yang lama karena banyaknya TPS yang masuk dalam kecamatan tersebut. Selain itu beberapa persoalan juga terjadi di sana sehingga proses rekapnya memakan waktu lama.

"Saat ini tinggal proses tandatangan saja. Saya yakin Jumat selesai dan bisa langsung pleno," kata Anton.

Sementara itu Ketua KPU Riau Muhammad Ilham Yasir membenarkan bahwa hingga saat ini masih ada dua kabupaten/kota di Riau yang belum menyerahkan hasil pleno tingkat daerahnya yaitu Pekanbaru dan Bengkalis.

Keterlambatan tersebut kata Ilham tidak akan mempengaruhi proses pleno tingkat Riau. Sebab masih bisa di susul sampai mereka selesai.

Hal ini dimungkinkan sebab sesuai PKPU no 10 waktu pleno itu diagendakan maksimal 22 Mei.

"Kalau tidak selesai juga sampai tanggal 11 Mei, kita terima dulu dan plenokan yang sudah ada lalu dilanjutkan nanti," tegas Ilham.

Diakuinya untuk Pekanbaru diperkirakan selesai dan diserahkan ke KPU Riau Jumat, sedangkan Bengkalis, tampaknya masih belum bisa ikut jawal yang sudah ditetapkan antara 9-11 Mei. Sebab dari 502 TPS yang ada hingga kini baru separuhnya dihitung.

"Bengkalis memang agak lama karena disana DPT terbesar di Riau akan ada pertimbangan waktu, kita lihat nantilah apa perlu ditunda, kalau 11 kabupaten selesai kita skorsing dulu, dan kita usulkan diperpanjangan waktu ke KPU RI," pungkasnya.(ant/red)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -