*Calon Ketua MPR Dari Golkar Bermunculan
Zainudin Amali di Bayangi Agun Gunanjar dan Ridwan Hisjam
Jumat, 31 Mei 2019 - 14:13:23 WIB
Jakarta (DetakRiau.com) Sesudah KPU mengumumkan secara resmi hasil pemilu pada tanggal 21 Mei 2019 yang lalu. Yang dimenangi oleh PDI Perjuangan dan Partai Golkar. Dua partai utama pengusung calon Presiden terpilih Joko Widodo.

Manuver perebutan kursi Ketua MPR menjadi incaran baru oleh Partai Golkar karena PDI P sudah otomatis akan terplih menjadi Ketua DPR yang baru.

"Saya telah membaca berita dari sejumlah media. Terdapat sejumlah nama yang muncul sebagai calon Ketua MPR dari Partai Golkar yakni antara lain Zainudin Amali, Agun Gunanjar Sudarsa dan Ridwan Hisjam", kata Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono di DPP Partai Golkar (27/5/2019).
Nama nama tersebut, katanya, akan segera diserahkan kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai pemutus akhir di Partai Golkar, tegasnya.

Minggu sebelumnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga saat bertemu dengan Presiden terpilih Jokowi sudah menyampaikan aspirasi bahwa Partai Golkar mewacanakan untuk mengambil posisi Ketua MPR.

Memang sejak pemilu di era reformasi digelar, Partai Golkar belum pernah lagi menjabat sebagai Ketua MPR. Sebaliknya Taufik Kiemas (almarhum) dari PDI Perjuangan sudah pernah terpilih sebagai Ketua MPR secara mufakat pada saat pemilu justru dimenangkan oleh Partai Demokrat.

Ini berbeda dengan Ketua MPR sebelumnya yang dijabat oleh Amien Rais dan Hidayat Nurwahid yang dipilih lewat voting, walau meskipun bukan berasal dari partai pemenang pemilu pada eranya.

Zainudin Amali sekarang ini menjabat sebagai Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunanjar Sudarsa menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR dan Ridwan Hisjam wakil Ketua Komisi VII DPR RI.

Pemilihan Ketua MPR akan berlangsung pada bulan Oktober 2019, sesudah pelantikan anggota DPR, MPR dan DPD periode 2019 - 2024 yang akan datang. Erwin Kurai.


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -