PDI P Akan Bikin Kejutan Tidak Incar Posisi Ketua MPR
Rabu, 26 Juni 2019 - 15:19:29 WIB
Jakarta (DetakRiau.com) Kader PDI P mengingatkan MPR bukan tempatnya politisi tetapi tempatnya negarawan.

Dibanyak negara pimpinan lembaga tinggi negara di isi oleh bukan pemenang pemilu, malah ada yang dipimpin oleh partai kecil yang orangnya memang negarawan sebagai spoke states man.

Andreas Hugo Pareira menyatakan pendapat pribadi di DPR Jakarta kemarin (25/6/2019).

PDI P, ungkapnya, pernah tidak mendapat Ketua DPR dan Ketua MPR saat menang pemilu 1999 hanya cuma kalah 1 suara. "Ini menyakitkan sekali bagi partai kami yang sebagai partai pemenang pemilu", tegasnya.

Yang terulang lagi pada pemllu 2014. PDI P juga tidak terpilih menjadi Ketua DPR atau Ketua MPR walau telah memenangkan pemilu kembali, bebernya.

Di tahun 2019 sekarang pimpinan MPR akan dipilih kembali secara paket seperti yang diatur UU MD3."Kita ingin pimpinan MPR dipilih secara musawarah mufakat", tandasnya.

Berdasarkan hasil pemilu 2009. Pimpinan DPR dipilih secara proporsional. Sedangkan pemilihan Ketua MPR dipilih secara paket. Akan tetapi pimpinan fraksi di MPR dan DPD saat itu berhasil menyepakati dan mengambil keputusan secara musawarah,

Bahwa yang dipilih sebagai Ketua MPR bukan dari partai pemenang pemilu. Tetapi Taufik Kiemas dari PDI P yang dikenal sebagai sosok yang negarawan, ujarnya.

Sementara itu terkait dengan agenda MPR setelah pelantikan anggota MPR yang baru, hingga sampai sekarang masih di fokuskan pada jadwal pelantikan Presiden terpilih.

Dan masih belum disetujuinya amendeman ke 5 oleh partai besar termasuk disetujuinya GBHN karena dikawatirkan akan meluas ke pasal pasal lainnya, kata Saleh Daulay dari Fraksi PAN.Erwin Kurai.



 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -