Bengkalis (DetakRiau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis Menggelar Rapat Paripurna Istimewa Sampena Hari Jadi Bengkalis memasuki usia ke-507 Tahun, dengan tema pada tahun ini  “Den">
 
 
Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Bengkalis ke-507
Tingkatkan Semangat Kerja Bersama Menuju Bengkalis Maju dan Makmur
Rabu, 31 Juli 2019 - 14:29:24 WIB
 
Teks Foto: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis H. Abdul Kadir S.Ag Membuka Rapat Paripurna Istimewa Sempena Hari Jadi Ke-507 Bengkalis Tahun 2019, Didampingi Gubernur Riau Drs H. S
TERKAIT:
Bengkalis (DetakRiau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis Menggelar Rapat Paripurna Istimewa Sampena Hari Jadi Bengkalis memasuki usia ke-507 Tahun, dengan tema pada tahun ini  “Dengan Semangat Hari Jadi ke-507 Bengkalis, Kita Tingkatkan Semangat Kerja Bersama Menuju Bengkalis Maju dan Makmur” bertempat diruang Sidang kantor DPRD selasa, (30/7/2019).

Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Abdul Kadir didampingi oleh Gubernur Riau H. Syamsuar, Bupati Amril Mukminin, serta Wakil Ketua I H. Indra Gunawan Eet, Wakil Ketua II Zulhelmi, dan Wakil Ketua III Kaderismanto dan disaksikan 39 orang anggota DPRD Bengkalis dibuka dengan pembacaan doa dan lantunan ayat suci Al-Quran.

Tampak hadir juga Mantan Bupati Bengkalis dan Pemimpin Negeri lainnya dalam acara Rapat Paripurna Istimewa ini yaitu:  Mantan Bupati Bengkalis H Syamsurizal, H. Azaly Johan, dan H. Fadhlah Sulaiman, Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Hermianto, Pelaksana Lanal Dumai Letkol. KH. Farhan, Ketua LAMR Prov. Riau, Ketua Umum MKA LAMR Kabupaten Bengkalis, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Riau, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Khoriyah Roihan, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis Heru Winoto, Kepala SKPD se-Kabupaten Bengkalis, serta undangan lainnya.

Ketua DPRD Abdul Kadir dalam sambutannya mengatakan, bahwa disamping untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-507 Bengkalis Tahun 2019, acara ini juga merupakan salah satu wujud kebersamaan, persaudaraan, serta silaturahim diantara sesama. Apresiasi dan terimakasih kepada sekretaris DPRD H. Radius Akima dan jajarannya karna telah bekerja keras beberapa hari ini untuk memfasilitasi kegiatan Paripurna sehingga Paripurna Istimewa berjalan dengan lancar.

“Prosesi peringatan hari jadi, yang kita laksanakan pada hari ini adalah sebuah Ikhtiar untuk menyatakan bahwa kita bukan sebuah generasi yang durhaka kepada sejarah. Melalui peringatan ini ingin mengatakan, bahwa kita semua memuliakan perjuangan mereka dan menghormatinya dengan ketakziman penuh”, Ujar Abdul Kadir mengingat kembali peristiwa sejarah masa lampau.

Selanjutnya kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Gubernur Riau yang telah menyempatkan waktu dalam kesibukannya yang super sibuk untuk hadir bersama kita dalam memperingati hari jadi Bengkalis yang ke 507. Beliau adalah Gubernur yang pertama mengikuti Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bengkalis,

Kabupaten yang pertama Se-Provinsi Riau.tokoh masyarakat pemuka adat dan pemuka agama serta jemputan majelis yang telah berkenan hadir mengikuti rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati hari jadi ke 507 Bengkalis tahun 2019.


Teks Foto: Sambutan Bupati Bengkalis Amril Mukminin.


Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam pidatonya mengatakan, hari ini merupakan sidang paripurna istimewa yang ke-14 kalinya sejak awal dilaksanakan tahun 2005 silam, “Untuk memperingati hari jadi ini, harus kita jadikan motivasi dan inspirasi untuk membuat karya dan prestasi dengan harapan akan masa depan yang lebih cemerlang, gemilang dan terbilang”,harap Amril.

Menurut Amril, Momentum peringatan hari jadi ini, selayaknya kita gunakan untuk melihat kebelakang, bahwa lebih dari sekedar saksi sejarah, Kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra putri terbaik di Tanah Terubuk ini, berjuang bersabung nyawa melawan keangkuhan Portugis tahun 1512 atau ±507 tahun silam.

Bupati juga mengingatkan agar mengenang jasa dan semangat para pahlawan dan pendiri Kota Bengkalis, apa yang telah kita lakukan hari ini, setiap derap langkah kita membangun Kota Bengkalis sebagai ibukota Kabupaten Bengkalis, senantiasa dijiwai semangat patriotisme untuk menciptakan kehidupan yang aman, tenteram, adil, makmur dan sejahtera, sebagaimana diwariskan para pejuang kita terdahulu. Terang Mantan Anggota DPRD Bengkalis ini.

"Untuk itu pada peringatan hari jadi ini, mari kita jadikan sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, dan harapan akan masa depan  yang lebih cemerlang, gemilang dan terbilang", harap  Bupati Amril.


Teks Foto: Sambutan Gubernur Riau Drs H. Syamsuar M,Si.

Gubernur Riau H. Syamsuar mengatakan, hari ini kita sambut dengan penuh sukacita, sekaligus juga bersyukur kepada Allah SWT dengan mengucapkan alhamdulillahirobbilalamin usia yang begitu matang 507 tahun kabupaten Bengkalis telah mampu menunjukkan prestasi pembangunan yang signifikan. Inilah yang harus kita pegang bersama-sama agar kabupaten Bengkalis terus maju dan makmur, sesuai dengan tema Peringatan Hari jadinya yaitu dengan hari jadi ke 507 Bengkalis.

Tingkatkan Semangat Kerja menuju Bengkalis maju dan makmur , menggambarkan bahwasanya kabupaten Bengkalis terus berupaya mengangkat marwahnya sebagai Kabupaten yang termasuk Pertumbuhan Ekonominya cukup tinggi, dan telah banyak memberikan sumbangsih yang besar terhadap Pembangunan Provinsi Riau dan nasional, melalui sektor Migas, sektor Perkebunan Sawit dan sektor-sektor lainnya. Jelas Gubri

"Keunggulan inilah yang banyak dimiliki untuk Mensejahterakan masyarakat menuju Bengkalis yang Maju dan Makmur, sesuai dengan cita-cita kita bersama kemajuan Pertumbuhan Pembangunan di suatu Daerah diiringi dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan Ekonomi Rakyatnya," kata Mantan Bupati Siak ini

Hal ini terus menjadi persoalan bagi kita semua dalam menghadapi segala tantangan di zaman ini, Kita percaya dengan Sumber Daya Manusia (SDM) agar mendapatkan memberikan Kontribusi dan Warna tersendiri dalam Pembangunan di Provinsi Riau.

Kita yakin perubahan zaman ini telah membawa kabupaten Bengkalis mengangkat potensi-potensi sektor perkebunan pertanian dan Perikanan dengan Andalan berbagai ragam Wisatanya, baik itu wisata alam wisata religi, wisata sejarah dan budaya serta Kuliner yang ternama, apalagi kalau Bengkalis sebagai kabupaten yang mempunyai akar Sejarah dan nilai-nilai Tradisi Budaya Melayu yang hingga kini tetap Lestari.


Disamping itu juga, pada saat ini kita masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh kabupaten Bengkalis, antara lain Kebakaran Hutan dan Lahan, Abrasi yang disebabkan gelombang laut dari Selat Malaka, kemudian juga menyiapkan Infrastruktur yang di Pulau dan Daratan secara merata.

Mengenai Hal inilah, pada saat ini kita juga telah menugaskan TNI, Polri bersama Pemerintah Daerah, Masyarakat Peduli Api (MPA), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tokoh masyarakat, Agama dan semua Stakeholder diharapkan bersama-sama dapat mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan.

Minggu yang lalu juga kami diundang bersama Gubernur Aceh, Gubernur Kalimantan dan Gubernur Sumatera Selatan dalam rangka melakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat, mengundang Konsulat Jepang yang ada di Medan, bersama Pengusaha Jepang kiranya dapat mengajak melakukan penelitian di berbagai Daerah Gambut, sekaligus Pemberdayaan Masyarakat terutama tanaman-tanaman yang memiliki Komoditas Tinggi, yang diharapkan perusahaan Jepang kiranya juga dapat memasarkan Ke mancanegara.


Pada kesempatan itu juga, berkenaan dengan masalah Abrasi karena Gelombang laut bersama Bupati Bengkalis, Bupati Kepulauan Meranti sedang berjuang di Tingkat Nasional, agar terhadap Pulau terluar kita ini yang sekarang cukup luas abrasinya mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat, dan alhamdulillah persoalan Pulau-Pulau ini sudah menjadi perhatian penting dari Menko Maritim, dan juga telah masuk didalam RPJM Nasional untuk 5 tahun yang akan datang.


Teks Foto: Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Abdul Kadir S.Ag Bersama Anggota DPRD Bengkalis usai acara Rapat Paripurna Istimewa Sempena Hari Jadi Bengkalis Ke 507 Tahun.


Menurut Syamsuar, kita harapkan nanti persoalan abrasi termasuk juga persoalan yang sering terjadi kebakaran hutan, dan lahan yang ke depan sekaligus dapat mengatasi secara bersama, bagaimana membangun Infrastruktur yang Aktivitas penting secara bersama baik Provinsi, Kabupaten bersama dengan Nasional yang ada di sini. Pinta Gubri


Sambung Mantan Bupati Siak ini lagi, Disini ada 2 pulau terluar, Kabupaten Meranti dan Kabupaten Bengkalis ini juga menjadi perhatian kami yang sekarang memperjuangkan di tingkat Pusat, agar nanti Pemerintah Pusat juga ikut membantu dalam rangka persoalan abrasi termasuk juga menyelesaikan infrastruktur yang ada di kedua Pulau ini itu termasuk yang menjadi perhatian kami kedepan dan melangkah ingin meningkatkan pembangunan yang ada di Bengkalis.

"Pulau Rupat mengusulkan masuk kawasan Ekonomi, khusus Pariwisata dan Saya sudah sampaikan kepada Pak Moeldoko dan juga Pak Menteri Pariwisata, dan beliau sangat ingin berkenalan akan meninjau Pulau ini," Kata Gubri Syamsuar.

Pulau masa depan katanya lagi, agar menjadi potensi Ekonomi di masa akan datang, banyak didatangi Turis Mancanegara, Kabupaten Bengkalis kebanggaan kita, karena Negerinya Makmur aman Sentosa. Tidak lupa juga Insya Allah tahun depan Roro Dumai Malaka akan mulai Beroprasi, hal ini juga kami sudah diberitahu, dalam waktu dekat bulan Agustus ini Menteri atau Wakil Menteri luar Malaysia akan berkunjung ke Riau. Jelasnya

Sebagaimana diceritakan Syamsuar, Setelah ada pertemuan KTT Indonesia, Malaysia dan Thailand di Bangkok yang lalu, sudah disampaikan oleh Pak Jokowi bahwa Roro Dumai Malaka untuk membuat Konektivitas antara Thailand, Malaysia dan Indonesia melalui Pulau Sumatera. Pada saat itu, beberapa Gubernur juga diikutkan sebagai Delegasi Indonesia dalam rangka mewujudkan Kejayaan Masa yang akan datang.

"Tentunya, dengan adanya Roro Malaysia Malaka ini yang direncanakan oleh bapak presiden kita Joko Widodo pada tahun 2020 Sudah Beroprasi, tentunya harapan kami Pulau Rupat masa depan sudah banyak juga orang berinvestasi, dan berdatangan para Turis akan berkunjung ke Pulau Rupat, Bengkalis, dumai dan sekitarnya," sebut Gubri mengakkhiri

Setelah menyanyikan lagu Bagimu Negeri, acara Paripurna Istimewa sempena Hari Jadi Bengkalis ke-507 berakhir, ditutup oleh Ketua DPRD Abdul Kadir dengan mengucapkan syukur alhamdulillah kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala tepat pada pukul jam 10.34 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bengkalis Hari ini saya nyatakan resmi ditutup, dilanjutkan dengan foto bersama, salam-salaman serta jamu selera bagi para tamu undangan yang hadir. (ADV)



 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -