Asap Karhutla dari Jambi Masuki Riau
Jumat, 09 Agustus 2019 - 15:11:36 WIB
PEKANBARU (DRC) - Asap yang menyelimuti daerah sekitar Pekanbaru dan sejumlah daerah di Riau lainnya tidak hanya berasal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau. Ternyata kabut asap tersebut juga kiriman akibat Karhutla yang berasal dari Provinsi Jambi.

"Perlu dilihat, asap dari Jambi juga sudah mulai masuk ke Riau. Dari kebakaran perbatasan Riau di Tanjung Jabung Barat atau Tanjung Jabung Timur," ujar Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gofur, di Pekanbaru, Jumat (9/8/2019).

Jim Gofur menyebutkan, asap akibat kebakaran lahan di Jambi sudah masuk ke Riau sejak satu pekan lalu. Provinsi Jambi juga sudah menerapkan status siaga darurat Karhutla.

Jim Gofur menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Jambi untuk segera mengatasi masalah kabut asap. "Kalau tak segera ditangani, kami khawatir terjadi seperti 2015 lalu, asap dari Jambi dan Sumatera Selatan masuk ke Riau. Insya Allah itu bisa ditangani," tutur Jim Gofur.

BPBD Riau masih melihat perkembangam pergerakan kabut asap dari Jambi. "Kami lihat perkembangan satelitnya. Kemarin masih ada titik api di sana dan asapnya masuk ke Riau," jelas Jim Gofur, dilansir cakaplah.com.

Untuk Riau sendiri, kebakaran lahan masih terjadi di sejumlah daerah, seperti Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hilir dan Bengkalis. Kebakaran itu berdampak ke daerah lain.

Kabut asap di Pekanbaru mengarah dari Pelalawan. "Asap makin pekat karena masih ada kebakaran di Pangkalan Kuras, Sering, di Kecamatan Pelalawan," ucap Jim Gafur.

Saat ini titik api terbanyak ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Namun dampaknya tidak dirasakan di Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi. "Justru arah selatan tidak berdampak, yang paling berdampak itu Pekanbaru dan Dumai. Angin berkumpul di sini (Pekanbaru)," pungkas Jim Gofur. (rid)



 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -