Siti Nurbaya Menteri LHK Berhasil Meminimalisir Kebakaran Hutan Riau
Minggu, 18 Agustus 2019 - 12:36:47 WIB
JAKARTA (DetakRiau.Com) Idris Laena mantan Ketua Pemenangan Presiden Joko Widodo di Propinsi Riau mengatakan, faktor ekspektasi masarakat agar kebakaran hutan di Riau supaya ditiadakan sama sekali adalah hal yang sangat tidak mungkin.

Sebab faktornya adalah karena sifat lahan gambut dan matahari yang terik yang memudahkan untuk terjadinya memantik api pada di saat kemarau.


Jadi, kebakaran hutan di Riau tidak bisa dihindari akibat munculnya percikan api yang dikarenakan oleh faktor alam, sebaliknya hanya kecil sekali saja yang disebabkan oleh faktor manusianya

"Semua ini tidak lepas dari intervensi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang sejak 5 tahun terakhir banyak melakukan pembenahan untuk mencegah kebakaran hutan dengan dibangunnya sakat sekat bakar dilahan gambut untuk mencegah kebakaran hutan. Selain pemerintah telah membentuk Badan Restorasi Gambut", tegas Idris Laena anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar di Jakarta minggu (8/8/2019) .

Dikatakan, saya sebagai anggota DPR RI dari Dapil Propinsi Riau yang hampir setiap minggu pulang ke Riau. Banyak memang berita berita kebakaran hutan di Riau yang dibesar besarkan, padahal tidak sesuai dengan realitas kenyataan dilapangannya.

"Saya yang merasakan sendiri kebakaran hutan pada 6 sampai 10 tahun lalu yang justru lebih parah dibandingkan dengan yang sekarang", katanya.

Adapun faktor kebakaran hutan di Riau sekarang sudah berbeda bukan lagi faktor yang disengaja tapi karena faktor alamnya yang banyak mengandung gambut yang saat kering memantik api itu sendiri, paparnya.

Yang penting sekarang kebakaran hutan harus ditekan, tetapi untuk menghilangkan sama sekali juga tidak mungkin, tambahnya.

Untuk Riau sendiri sulit untuk menghindari atau menghilangkan kebakaran hutan sampai 100 persen, sebab karena lahan gambutnya sendiri luas sekali sehingga rawan memicu terjadinya kebakaran hutan juga, paparnya

Untuk itu, pemilik lahan juga harus bertanggung jawab untuk ikut mencegah kebakaran hutan di Riau dan langsung memulihkan hutan yang rusak sesegera mungkin, urainya.

Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sebetulnya sangat berhasil dalam mencegah kebakaran hutan di Riau. Terbukti dengan tidak ditetapkannya kebakaran hutan di Riau sebagai bencana nasional, katanya.

Dan saya meyakini sekali pejabat di daerah mulai dari BNPB Propinsi Riau, Gubenur Riau dan Bupati serta Walikota juga akan mampu menangani kebakaran hutan di Riau, pungkasnya. Erwin Kurai


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -