Pekanbaru (DetakRiau.com) - Direktorat Lalu Lintas Polda Riau menggelar Operasi Patuh Muara Takus 2019 di Jalan Cut Nyak Dien, Kota Pekanbaru, Selasa (3/9). Satu mobil Toyota Harrier warna hitam ditilang lantaran men">
 
 
Polantas Tilang Sopir Harrier Pasang Plat Merah Palsu di Pekanbaru
Rabu, 04 September 2019 - 21:58:21 WIB
Pekanbaru (DetakRiau.com) - Direktorat Lalu Lintas Polda Riau menggelar Operasi Patuh Muara Takus 2019 di Jalan Cut Nyak Dien, Kota Pekanbaru, Selasa (3/9). Satu mobil Toyota Harrier warna hitam ditilang lantaran menggunakan nomor polisi (nopol) palsu.

Mobil nopol BM 10 A warna merah itu disetop polisi yang curiga karena pelat mobil yang terpasang timbul, lalu dilakukan pemeriksaan. Setelah diteliti, ternyata pelat mobil itu tidak asli. Anggota Polantas kemudian mencopot pelat mobil tersebut dan meminta pengemudi mobil untuk mengganti dengan pelat asli.

"Selanjutnya kami copot pelatnya, dan minta dipasang dengan asli," ujar Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Riau, AKBP Eko Wimpiyanto, sebagaimana dilansir merdeka.com.

Lalu si sopir mengganti pelat mobil tersebut dengan nomor asli yakni BM 1364 T. Selanjutnya dilakukan penilangan. Setelah merdeka.com menelusuri, ternyata mobil dinas itu diduga digunakan oleh salah satu pimpinan DPRD Pekanbaru.

Menurut Wimpiyanto, SIM pengemudi ditahan untuk mengetahui maksud sopir membawa mobil dinas dengan mengganti pelat palsu. "Yang punya kerja dia (sopir)," kata Wimpiyanto.

Berdasarkan data di Sistem Informasi Perhitungan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Riau di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, pelat BM 10 A adalah mobil Toyota Alphard dengan warna abu-abu muda metalik. Pajak minibus ini terakhir dibayar pada 20 Mei 2017.

Sementara, pelat BM 1364 T, tercatat benar Toyota Harrier warna hitam. Mobil ini terakhir membayar pajak pada 27 Desember 2018.

Wimpiyanto tidak menyebutkan siapa pejabat pemegang mobil dinas tersebut. Namun setelah merdeka.com menelusuri, ternyata Toyota Harrier pelat BM 1364 T milik Pemko Pekanbaru. Mobil dinas tersebut tercatat di Sekretariat Dewan DPRD Pekanbaru. Mobil itu dipegang oleh unsur pimpinan DPRD Pekanbaru. (rs/red)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -