Pelaku Pembakaran Karhutla di Riau Harus Ditindak Tegas Karena Udara Makin Memburuk
Senin, 23 September 2019 - 14:04:03 WIB
JAKARTA (DetakRiau.com) Anggota DPR dari Propinsi Riau Idris Laena mendesak agar para pelaku pembakaran Karhutla oleh perorangan atau perusahaan harus ditindak tegas mengingat dengan semakin memburuknya kondisi asap yang menimpa masarakat Riau.

"Saya sangat prihatin dengan saudara saudara kita yang terdampak asap yang semakin sulit untuk mendapatkan oksigen bersih dan sehat, yang harus dicarikan jalan terbaiknya".

Hal ini ditegaskan Idris Laena sebagai anggota Komisi Usaha dan Perdagangan DPR RI di Jakarta senin (23/9/2019).

Semestinya sejak bulan September sudah turun hujan, ujarnya lagi, sebagaimana jadwal perkiraan ramalan cuaca pada tahun tahun lalu.

Dan saya berbicara saat itu pada posisi ketika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, saat kebakaran kebun di Riau sudah bisa diatasi hingga ditekan sampai minimal.

"Saya banyak menerima telepon sekarang yang mempertanyakan statemen saya yang dimuat di detakriau.com pada bulan Agustus lalu. Yang di viralkan belakangan", jelasnya terheran heran

Padahal, kata Idris, saat itu saya berbicara pada tanggal 18 Agustus 2019. Dengan mencoba membandingkan dengan tahun 2018 lalu. Artinya setelah itu saya tidak pernah menyatakan persoalan asap di Riau dibesar besarkan seperti yang di viralkan sekarang.

Lebih jauh dikatakan, kebakaran kebun di Propinsi Riau belakangan tidak bisa dihilangkan secara total karena penyebabnya adalah oleh karena ulah manusia.

Dan faktor alam Riau yang sebagian tanahnya bergambut yang pada musim kemarau rawan terjadi kebakaran jika di pantik oleh api, paparnya. Untuk itu kedepannya sebaiknya harus mengutamakan pencegahannya, pungkasnya.Erwin Kurai.


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -