BPS Gelar FGD Satu Data Kependudukan
Sensus Kependudukan Dilakukan Secara Online
Sabtu, 16 November 2019 - 14:20:54 WIB
PEKANBARU (DRC) - Untuk lebih mempermudah pelaksanaan sensus, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan berbagai inovasi yaitu dengan melaksanakan sensus penduduk online (SPO). Sensus secara online ini melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung dapat dilakukan secara mandiri selama periode pelaksanaan SPO.

Metode ini dilakukan untuk mengoptimalkan teknologi informasi masyarakat yang telah berkembang secara baik. Juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.

Demikian dikatakan Kepala BPS Riau Misfaruddin pada kegiatan Fokus Group Discution (FGD) satu data kependudukan, Jumat (15/11/2019). Forum FGD ini dalam rangka mensukseskan Sensus Penduduk 2020.

"Kita mengadakan FGD dalam rangka sensus 2020. Untuk mengetahui caranya seperti apa, makanya kita lakukan kegiatan ini dengan mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya," ujar Kepala BPS Riau Misfaruddin, Jumat (15/11/2019).

Ke depan, tambahnya, untuk data pribadi akan diberlakukan dengan penggunaan NIK. Itulah

sebabnya satu data kependudukan. Itulah diharapkan seluruh pihak mengisi data dari secara jujur dan benar. "Pelaksanakan sensus penduduk online diharapkan partisipasi aktif dari masyarakat. Karena dapat melakukan pendataan kapan saja secara mandiri selama pe kode pelaksanaan sensus penduduk online," ujarnya.

Selain itu, sensus penduduk online dapat mengoptimalisasi teknologi informasi. Karena literisasi masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang semakin baik. "Sensus penduduk online juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data yang dimulai dari informasi pribadi," pungkasnya.

Adapun cara melakukan SPO secara mandiri tersebut yakni, dengan membuka aplikasi browser internet pada perangkat telepon genggam, tablet, laptop atau komputer, lalu klik website resmi sensus.bps.go.id dan melakukan login.

Lalu berikutnya mengisi keterangan kependudukan dan perumahan yang ditanyakan secara lengkap. "Lalu unduh bukti telah berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online pada tampilan halaman terakhir, selesai," jelas Misfaruddin.

Ditambahkannya, bagi penduduk yang belum berpartisipasi dalam SPO, akan dicatat oleh petugas sensus pada Juli 2020. (ridwan)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -