Menjelang Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Pemkab Siak Laksanakan Berbagai Persiapan
Minggu, 17 November 2019 - 14:33:13 WIB
SIAK-(DRC) Menjelang Fenomena Gerhana Matahari Cincin pada tanggal 26 Desember 2019, Pemerintah Kabupaten Siak melalui panitia laksanakan berbagai persiapan perlengkapan. Hal ini dikatakan Bupati Siak Alfedri usai menghadiri acara pelantikan IKMR Kabupaten Siak, Sabtu (16/11/2019) malam.

Dikatakannya, kegiatan ini dipusatkan di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit dan pada 26 Desember depan, mulai jam 10:30 Wib pagi sampai jam 02:30 Wib, dan puncaknya jam 12:17 Wib sampai 12:20 Wib melihat gerhana Matahari Cincinnya. Terang Alfedri

"Persiapan kegiatan ini nantinya mampu dan siap menyambut tamu yang datang termasuk tamu dari Pemerintah Pusat (Menteri), tentang untuk wisata atau juga ketua lapan ada beberapa hal yang dipersiapkan, terdiri dari lomba tulis ilmiah tingkat SMA, teropong jarum," ungkapnya.

Kemudian juga ada beberapa edukasi ke masyarakat, baik termasuk hiburan memutarkan film di daerah tentang film-film pendidikan ilmu pengetahuan teknologi, serta peran dan tujuan media Nasional membantu untuk mempromosikan," papar Alfedri lagi.

Informasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Kabupaten Siak, Riau, akan jadi lokasi paling ideal menyaksikan fenomena ini, Gerhana Matahari Cincin akan melintasi wilayah Indonesia pada 26 Desember 2019. Gerhana Matahari Cincin diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB. Gerhana Matahari Cincin di Indonesia diprediksi berakhir pada 12.19 WIB.

Sekadar informasi, Gerhana Matahari Cincin terjadi saat bulan berada segaris dengan Bumi dan Matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan Bumi. Hal ini membuat piringan bulan menjadi lebih kecil daripada Matahari dan tidak menutupkan piringan Matahari sepenuhnya. (D)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -