Djafar Alkatiri : DPD akan Mengawal Demokratisasi Pilkada Serentak 2020
Rabu, 04 Desember 2019 - 11:30:29 WIB
 
TERKAIT:
   
 

JAKARTA (DetakRiau.com) Tahapan pilkada serentak tahun 2020 yang akan dilaksanakan diratusan daerah menjadi sorotan utama dalam kunjungan kerja Komite I DPD RI, dihari kedua, ke Propinsi Sulawesi Barat yang dipimpin oleh Djafar Alkatiri.

"Kami langsung menggelar rapat kerja dengan wakil Gubenur Sulawesi Barat untuk mengetahui persiapan pilkada serentak dan implementasi atas UU Pilkada dan UU Pemerintahan Daerah", kata Djafar Alkatiri wakil Ketua Komite I DPD RI di Mamuju (3/12/2019).

Pada tahun depan Sulawesi Barat akan menyelenggarakan pemilihan bupati di Kabupaten Pasangkayu, Majene, Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju.

Terkait soal pembiayaan, dikatakannya, DPD berharap anggaran pilkada disediakan oleh APBN pasca tahun 2020. Sementara anggaran tahun 2020 masih dianggarkan oleh APBD daerah dan dana hibah dari APBN dalam bentuk Nota Perjanjian Hibah Daerah, NPHD.

Rapat kerja dihadiri pimpinan dan pejabat dari Forkompida, KPU Propinsi dan Kabupaten, serta Panwaslu Propinsi dan kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak di tahun depan.

"Komite I dalam hal ini akan komit mengawasi pilkada 2020 sekaligus mengawal demokratisasi bahwa pilkada berlangsung sesuai azaz umum, langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil, katanya. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan yang dimiliki oleh DPD, imbuhnya. Erwin Kurai.

 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -