Menpora Lantik Reydonnyzar Moenek Jadi Penasehat Pengurus Pordasi
Sabtu, 29 Februari 2020 - 15:22:19 WIB
JAKARTA (DetakRiau.com) Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek dilantik oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menjadi Penasehat Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, PP Pordasi periode 2020 - 2024, yang dihadiri oleh Ketua KONI Marciano Norman di Jakarta jumat (28/2/2020).

Terpilih sebagai Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano didampingi Pengurus Ketua Harian Pordasi Alex Asmasoebrata, Wakil Ketua Umum Teuku Riefky Harsya anggota DPR, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Mantan Wakapolri Nanan Soekarna serta mantan Dirjen Polpum Kemendagri Soedarmo.

Reydonnyzar Moenek bukan sosok pendatang baru didalam olahraga berkuda. Sejak kecil ia sudah bergelut dengan kuda dan pacu kuda tradisional dan prestasi. Ayah Reydonnyzar Moenek adalah dokter hewan asal Sumatera Barat yang menggeluti kuda dan lomba kuda sejak di Padang, yang kemudian hijrah ke Jakarta.

Didalam sambutannya Menpora minta agar olahraga berkuda dimajukan dengan sport science. Supaya olahraga berkuda dapat memberikan kebanggaan dan menorehkan prestasi dalam gelaran kejuaraan kejuaraan internasional di dalam dan luar negeri. Tanpa sport science kita tidak bisa berbicara banyak, kata Zainudin Amali.

Menpora juga menyampaikan arahan dari Presiden Jokowi bahwa Indonesia akan mengikuti bidding Olimpiade 2032. Untuk itu, katanya, kita harus antisipasi jangan sampai Indonesia hanya menjadi penyelenggara atau EO saja dan peserta saja, tetapi mesti juga mampu berprestasi, tandasnya.

"Kami harap cabang berkuda ini nanti bisa memberikan kebanggaan dan prestasi", imbuh mantan anggota DPR ini.

Dikatakan, banyak daerah sampai sekarang yang menyelenggarakan lomba pacu kuda antara lain di Sumatera Barat.

"Saya minta agar tradisi pacu kuda ini digelorakan. Banyak daerah daerah di Indonesia yang telah menggelar budaya pacu kuda dalam setiap pesta adat. Untuk di
Sumatera Barat misalnya hampir di setiap daerah punya gelanggang pacu kuda," kata Reydonnyzar Moenek .

Dalam waktu dekat sudah ada undangan pacu kuda dari Payakumbuh dan Padang Panjang. "Kita akan atur kapan kesediaan pengurus untuk datang. Yang penting adalah tekad kita untuk menyemarakkan olahraga tradisi pacu kuda ini kembali", jelas Donny.

Ditempat yang sama Ketua Umum Pordasi Triwatty Marciano menyampaikan harapannya agar kelak Indonesia memiliki banyak atlet berkuda terbaik.

"Kami berupaya memasarakatkan olahraga berkuda dengan berkolaborasi dengan swasta kusus untuk pembinaan atlet, kesempatan ini jadi semakin terbuka," ujarnya.

Di Olimpiade 2032 Insya Allah berkuda mampu mempersembahkan medali untuk Indonesia, pungkasnya. Erwin Kurai.


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -