Transaksi QRIS Permudah Pengurus Masjid Kumpulkan Infak
Kamis, 12 Maret 2020 - 14:08:19 WIB
PEKANBARU (DRC)  - Saat ini bagi yang berinfak di mesjid dan rumah ibadah,  lebih praktis dapat menggunakan untuk pengumpulan uang infak masjid dan rumah ibadah. Cukup dengan melakukan scan QRIS dan uang infak dari jamaah langsung masuk ke rekening kas masjid. Caranya mudah,  dengan scan barcode QRIS yang ditempel di tromol (kotak infak, red). Setelah di-scan, seketika uang infak dari jamaah langsung masuk ke rekening masjid.

Demikian dikatakan Kepala Divisi 
Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Asral Mashuri kepada ratusan pengurus masjid se-Pekanbaru di Gedung Lantai 3 Bank Indonesia (BI), Rabu (11/3).

"Bagi yang tidak membawa uang tunai namun mau berinfak, bisa dengan scan barcode QRIS yang kami tempel di tromol (kotak infak, red). Setelah di-scan, seketika uang infak dari jamaah langsung masuk ke rekening masjid," jelas Asral Mashuri kepada ratusan pengurus masjid se-Pekanbaru di Gedung Lantai 3 Bank Indonesia (BI), Rabu (11/3).

Asral mengatakan, dengan memanfaatkan QRIS banyak kemudahan yang didapat pengurus masjid. Di antaranya, pengurus masjid tidak lagi disibukkan dengan menghitung uang yang terkumpul dari jamaah. Uang infak dari jamaah langsung masuk ke rekening masjid. Di samping itu dengan kemudahan infak memanfaatkan QRIS diharapkan mendorong semangat jamaah dalam mengumpulkan infak.

"Selama ini uang dilipat-lipat dimasukkan ke dalam kotak infak. Uang jadi rusak dan penggurus masjid disibukkan dengan menghitung jumlah uang yang masuk ke kotak infak. Kalau dengan QRIS, uang infak sudah langsung masuk ke rekening masjid," ulasnya.

Untuk membuktikan kemudahan penggunaan pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik atau mobile banking ini, Asral langsung mencontohkan berinfak menggunakan QRIS. Penggurus masjid langsung bisa menyaksikan ketika dirinya memasukkan sejumlah uang elektronik dari salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) ke kotak amal masjid BI.

Asral bersedia memfasilitasi pengurus masjid yang ingin memanfaatkan fasilitas QRIS dalam mengumpulkan infak dari jamaah. Bahkan BI siap membantu menyediakan kotak infak yang ditempel stiker QRIS ke masjid di Pekanbaru.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau Zulhusni Domo mengapresiasi atas kegiatan Pekan QRIS yang telah mengedukasi penggurus masjid. Ia berharap dengan QRIS semakin mempermudah penggurus masjid dalam mengumpulkan infak dan sedekah dari jamaah. (wan)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -