PEKANBARU (Detakriau.com) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Pemerintah Kota Pekanbaru mengundang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tj"> PEKANBARU (Detakriau.com) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Pemerintah Kota Pek" />
 
 
Menpan RB Tjahjo Kumolo Hadiri HUT Ke-1 MPP Kota Pekanbaru
Jumat, 13 Maret 2020 - 16:42:50 WIB
PEKANBARU (Detakriau.com) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Pemerintah Kota Pekanbaru mengundang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. Sekaligus pada kesempatan itu menteri meresmikan perluasan MPP Kota Pekanbaru pada Rabu (11/3/2020).

Pada usia satu tahun ini, Mal Pelayanan publik (MPP) Kota Pekanbaru telah banyak memberikan kemudahan masyarakat dalam melakulan beragam kepengurusan, bahkan berbagai daearah di Riau dan Indonesia silih berganti datang dan melihat sistem pelayanan yang diterapkan di MPP Pekanbaru ini guna dijadikan percontohan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Perkembangan MPP Kota Pekanbaru juga terlihat dari jumlah layanan. Pada tahun 2019, jumlah layanan di MPP Pekanbaru ada 185 layanan dengan 27 tenant. Meningkat pada awal 2020, yakni 191 layanan dengan 33 tenant.

Khusus untuk Disdukcapil, terdapat 22 jenis layanan. Sebelum bergabung dengan MPP, rata-rata ada 300 kunjungan per hari di Disdukcapil. Sedangkan setelah masuk ke dalam MPP, meningkat menjadi 1.317 kunjungan per hari.

Dalam sambutannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyebutkan integrasi pelayanan dalam MPP bukan hal yang mudah karena membutuhkan koordinasi, komunikasi, dan komitmen pimpinan yang kuat.

"MPP Pekanbaru menjadi unit pelayanan yang tidak hanya mampu ditiru kabupaten/kota, tapi untuk seluruh daerah lain di Indonesia dan mampu melakukan berbagai inovasi dalam upaya memberikan layanan berkualitas dan mendorong investasi lokal dan internasional," katanya.

Menpan RB Tjahjo Kumolo menyebutkan, pemerintah dalam hal ini Dinas Perizinan, harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ia yakin Sumber Daya Manusia (SDM) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) mampu bekerja baik dalam memberikan pelayanan.

Ia juga berpesan agar PNS di samping taat kepada pemimpinnya, Pancasila, PNS juga harus seperti TNI. Siapa pun harus tegak lurus, harus berani menentukan sikap.

"Sesuai 5 prioritas kerja presiden. Peningkatan kualitas SDM, peningkatan infrastruktur, penyederhanaan birokrasi, transformasi ekonomi, simplifikasi regulasi dan pembangunan infrastruktu. Yang penting, bagaimana mengintegrasikan pelayanan dan saran kritikan masyarakat selalu kami harapkan, terus dibutuhkan pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan MPP lebih baik," tambahnya.

Usai memberikan sambutan, Menteri Tjahjo menyerahkan ucapan selamat atas ulang tahun MPP Pekanbaru kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan menandatangani plakat peresmian gedung MPP Administrasi Kependudukan (Adminduk). Tiga tenan terbaik MPP Pekanbaru turut diumumkan yaitu Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru, Kantor Imigrasi kelas I, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dengan juri dari Kementerian PANRB.

Mengakhiri rangkaian acara, Menteri beserta rombongan mengunjungi gedung MPP Adminduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang berada dalam satu komplek dengan MPP Pekanbaru.

Turut hadir Wakil Gubernur Riau Edy Natar, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Konsul Malaysia Pekanbaru Wan Nurshima, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina, para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para tamu undangan lainnya.

Pelayanan Masyarakat Jadi Prioritas
Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan bahwa MPP yang merupakan pengembangan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi sehingga tersedia pelayanan publik yang lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan.

"Keberadaan MPP Kota Pekanbaru telah diintegrasikan dengan berbagai pelayanan lainnya termasuk dengan adanya layanan Kependukukan dan Pencatatan Sipil sehingga seluruh urusan pelayanan dilakukan dengan satu pintu, hal ini tentunya diharapkan makin memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan," ungkap Wagubri Edy Natar.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengatakan kehadiran MPP selama satu tahun ini terus melakukan pembenahan dan terus berupaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Kehadiran MPP ini juga untuk mempermudah akses layanan perizinan serta untuk mendorong iklim investasi yang positif.

"Saya yakin para investor dalam maupun luar negeri  semakin mudah mengurus perizinan yang ada di MPP ini karena semua sudah terintegritas dan dapat diakses dengan mudah," ungkap Firdaus.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo juga menyerahkan piala dan piagam bagi gerai terbaik di MPP. Ketiga gerai itu, yakni Kantor BPN Pekanbaru, Kantor Imigrasi Pekanbaru dan DPMPTSP Kota Pekanbaru.

Pada peringatan HUT MPP Pekanbaru ke- I ini, juga berkesempatan Menpan-RB Tjahjo Kumolo, memberikan penghargaan pada Firdaus selaku Wako Pekanbaru, atas suksesnya tata laksana MPP Pekanbaru. (ADVERTORIAL)







 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -