Rohil (DetakRiau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus melakukan peningkatan sarana pelayanan kesehatan dengan dibangunkan Puskesmas Rawat Inap melalui pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK).
"> Rohil (DetakRiau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus melakukan peningkatan sarana pelayanan kesehatan dengan dibangunkan" />
 
 
Pemkab Rohil Terus Tingkatkan Pembangunan Pelayanan Kesehatan Hingga Tingkat Desa
Senin, 27 April 2020 - 15:15:29 WIB
Rohil (DetakRiau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus melakukan peningkatan sarana pelayanan kesehatan dengan dibangunkan Puskesmas Rawat Inap melalui pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dan tahun ini satu gedung pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) terbilang megah dibangunkan oleh Pemerintah Rohil terletak di jalan lintas Batu Enam, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, Rabu (6/02/2020) Puskesmas yang sudah rampung pengerjaanya ini di resmikan.

Peresmian Puskesmas Rawat Inap Bagan Punak di hadiri oleh Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kementerian Kesehatan RI, dr Andi Saguni.

Saat undangan memasuki lokasi acara banyak yang terlihat terpelongoh berhenti sejenak memandangi bangunan gedung Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Bagan Punak ini. Bagai mana tidak, bangunan gedung yang pembangunanya dilaksanakan oleh pemerintah pada tahun anggaran 2019 melalui kerja keras Kepala Dinas Kesehatan, Ners Dahniar ini begitu unik, menarik dan sedap dilihat.

Bupati Rohil, H Suyatno pada acara tersebut menjelaskan perjuangan untuk membangun gedung Puskesmas ini sudah lama sekali dicita-citakan oleh Pemkab Rokan Hilir. "Alhamdulillah apa yang kita harapkan dan cita-citakan selama ini kini telah terwujud. Dan tentunya kita menyampaikan ungkapan dan rasa syukur atas telah terlaksananya pembangunan gedung UPTD Puskesmas Bagan Punak ini," sebut Suyatno.



Bupati Rohil Suyatno, berfoto bersama dengan pejabat terkait dan mahasiswa kesehatan.

Dihadapan banyaknya para undangan dan Direktur Fasyankes bupati mengklaim bahwa gedung Puskesmas ini merupakan yang paling termegah dan tercantik di Provinsi Riau. "Ini Puskesmas tercantik di Riau. Letak bangunannya juga sanggat strategis betul-betul di lingkungan masyarakat padat penduduk," terang Suyatno.

Berdirinya bangunan gedung Puskesmas ini lanjutnya tentu tak terlepas dari besarnya perhatian pemerintah pusat terhadap daerah salah satunya dibidang pelayanan kesehatan. "Progres dari pelaksanaan pembangunan ini juga kita nilai sangat luar biasa, dalam tempo waktu lebih kurang lima bulan sudah rampung dan kualitasnya juga sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama," aku bupati.

Tak lupa Bupati turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim TP4D Kejari Rohil yang sudah memantau dan menggiring pelaksanaan pembangunan Puskesmas tersebut. Diacara peresmian gedung Puskesmas Bagan Punak tersebut juga dilaksanakan penyerahan kenderaan dinas operasional dan mesin genset dari Kemenkes RI serta penyerahan piagam penghargaan dari bupati Rokan Hilir kepada kontraktor yang dinilai telah berhasil membangun gedung dengan baik.

"Saat ini sudah terdapat puskesmas rawat inap di beberapa kecamatan. Ini merupakan sebuah kemajuan bagi daerah karena pembangunan tidak hanya bertumpu pada APBD daerah saja," ujar Bupati.

Disisi lain dirinya mengharapkan dengan bertambahnya fasilitas kesehatan yang ada maka kualitas pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat juga semakin lebih baik lagi.

Bagaimana pelayanan bisa lebih maksimal dibandingkan sebelumnya dan dapat lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Baru-baru ini puskesmas yang telah dibangun adalah puskesmas Bagansiapiapi di Jalan Jambu dan puskesmas Bagan Punak di daerah Batu Enam, Bagansiapiapi.

Sementara itu, Kepala Dinas Keseharan Rokan Hilir, Ners Dahniar terkait pembangunan gedung Puskesmas Bagan Punak tersebut dijelaskan, dananya berasal dari anggaran DAK Afirmasi tahun 2019 dengan nilai pagu Rp5,9 miliar dan nilai kontrak Rp5,5 miliar. Selain pembangunan gedung Puskesmas, jabarnya, juga ada pembangunan rumah jabatan dokter dengan pagu anggaran Rp1,2 miliar dengan nilai kontrak Rp1,1 miliar.

"Selain Bagan Punah di tahun anggaran yang sama kita juga melaksanakan pembangunan Puskesmas Rimba Melintang yang berasal dari DAK Reguler memiliki pagu anggaran Rp4,3 miliar," terang istri mantan Ketua DPRD Rokan Hilir ini.

Kata Dahniar Mkes, selain itu pada 2020 ini akan dibangun lagi puskesmas yang bersumber dari DAK.

Bupati Rohil Suyatno bersama sejumlah pejabat Muspida dan pejabat terkait lainnya pada suatu kesempatan

"Terdapat dua lagi yang akan dibangun, satu di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas  yang dikategorikan puskesmas rawat inap, nantinya dibangun dengan perlengkapan sarana prasarana ditambah dengan tiga unit rumah dinas," ujar Dahniar.

Selain itu ada lagi yang akan dibangun di daerah Ujung Tanjung, Tanah Putih puskesmas dengan adanya Poli Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (Poned) untuk kesehatan ibu dan anak.

Dahniar menyampaikan syukur bahwa program pembangunan fasilitas kesehatan seperti itu terus mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat, hal itu dinilai tidak terlepas dari bukti nyata bahwa pemerintah semakin berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan dan kemudahan akses bagi masyarakat. Dirinya mengharapkan agar pembangunan tersebut nantinya bisa berjalan dengan lancar sebagaimana diharapkan. (adv/red)




 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -