Supratman : Rieke Usulkan RUU Haluan Idiologi Pancasila
Jumat, 15 Mei 2020 - 14:53:07 WIB
JAKARTA (DetakRiau.com) Rieke Diah Pitaloka anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga wakil Ketua Baleg DPR mulai disebut sebagai pengusul Inisiatif RUU Haluan Idiologi Pancasila.

"RUU nya merupakan usul Rieke kepada Baleg. Ditanyakan saja kepada Rieke", kata Ketua Baleg Supratmen Andi Agtas dari Fraksi Gerindra saat ditemui di Gedung DPR Jakarta Jumat (15/5/2020).

Secara substansi, dikatakannya RUU Haluan Idiologi Pancasila tidak merupakan penjabaran Idiologi Pancasila. "Bukan", kata Andi singkat saja.

"Dasar pemikirannya adalah untuk memperkuat Badan Pembinaan Idiologi Pancasila, BPIP. Lalu dinaikkan statusnya menjadi Undang Undang", jelasnya.

Ia belum tau apakah penguatan BPIP akan di ikuti dengan alokasi anggaran sendiri. "Belum kesitu idenya", paparnya.

Awal pekan ini, RUU Haluan Idiologi Pancasila masuk dalam jadwal Sidang Paripurna DPR. Hingga kini nasibnya masih belum jelas, apakah sudah menjadi usul DPR.

Untuk diketahui platform politik Partai Gerindra adalah kembali ke Pancasila yang asli. Yang sejak tahun 2000 hingga 2002 UUD sempat di amandemen oleh MPR hasil pemilu multi partai. rwink


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -