LSM Pijar Melayu akan Turut Sosialisasikan Waspada Covid-19
Selasa, 23 Juni 2020 - 19:04:38 WIB
PEKANBARU (DRC) - Direktur Eksekutif Pijar Melayu Rocky Ramadani menyampaikan rasa prihatin atas lonjakan tajam jumlah pasien positif di Provinsi Riau. Ia menyayangkan pemangku kepentingan kurang serius mengantisipasi pasca PSBB menuju new normal dalam hal sosialisasi protokol kesehatan.

Keprihatinan ini menyusul melonjaknya kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau sejak Senin (22/6/2020) kemarin. Dimana dalam sehari terjadi penambahan sebanyak 24 orang yang tersebar di 7 kabupaten/kota.

Rocky menghawatirkan kesalahpahaman dan ketidakpedulian masyarakat dalam mematuhi protokoler kesehatan. Padahal tiga syarata pentingnya tidaklah sulit dilakukan melalui sering mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak. 

"Diperlukan kedisiplinan tinggi di tengah masyarakat agar bumi Melayu Riau tidak menjadi episentrum baru penyebaran virus Corona. Semenjak konsep new normal diterapkan, pasien positif corona terus bertambah," ujar Rocky. 

Kenaikannya pasien positif Covid-19 ini perlu perhatian serius semua pihak yang berkepentingan. "Perlu dicatat, fasilitas kesehatan di Riau tidak sebaik DKI Jakarta dan Jawa Timur misalnya, sehingga jika pandemi ini meluas, penanganannya bakal jauh lebih sulit,” ujar Rocky.

Pijar Melayu sebagai kelompok kajian strategis menilai bahwa lonjakan yang begitu drastis pasien positif di Riau pasca penerapan New Normal karena minimnya sosialiasi pada masyarakat dan minimnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokoler kesehatan. 

Untuk itu Pijar Melayu dalam waktu dekat akan melakukan kegiatan mengajak seluruh simpul civil society, baik pemuka adat, tokoh pemuda, organisasi pedagang pasar, organisasi pekerja dan seluruh kelembagaan yang ada di Bumi Melayu Riau untuk urun rembuk menyikapi persoalan tersebut. (rid)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -