Tingkatkan Ketahanan Pangan
Kapolres Bengkalis Tanam Palawija Di Desa Sungai Siput, Siak Kecil
Sabtu, 27 Juni 2020 - 21:51:24 WIB
SIAK-(DRC) Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan melakukan penanaman pertama bibit palawija di Desa Sungai Siput, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Riau, Sabtu (27/06/2020).

Penanaman bibit palawija berupa tanaman Kacang Kedelai tersebut dilakukan di lahan pertanian milik Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis.

Kapolres Hendra Gunawan mengatakan, Kabupaten Bengkalis mempunyai 4 gerbang, salah satunya Gerbang Laksamana yang meliputi 3 Kecamatan yaitu Bandar Laksamana, Bukit Batu dan Siak Kecil. Namun Gerbang Laksamana mempunyai visi menjadi pusat pertanian dan peternakan di Kabupaten Bengkalis.

"Selaras dengan visi Gerbang Laksamana, makanya program penanaman palawija yang ditaja oleh Polres Bengkalis sebagai tindak lanjut program Kapolri ini, yang dipusatkan di Kecamatan Siak Kecil," Kata Hendra.

Selanjutnya, tujuan program dengan tema "Gerakan Penanaman Palawija Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan" ini adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan.

"Agar kedepannya Kabupaten Bengkalis tidak bergantung lagi dengan Kabupaten lain. Sesuai visinya, menjadi Kabupaten yang terdepan di antara Kabupaten-kabupaten yang lain," terang Kapolres

Untuk itu, mari kita manfaatkan lahan-lahan yang ada dengan menanam tanaman pangan seperti palawija untuk meningkatkan ketahanan pangan. Di samping itu, seperti dikatakan Kapolda, ketahanan pangan merupakan konsep jaga kampung. terangnya

Diterangkan Hendra, maksudnya, dengan adanya kegiatan penanaman palawija seperti Kacang Kedelai yang dalam waktu relatif singkat sudah menghasilkan dan dapat dikonsumsi bahkan dijual, maka sedikit banyaknya dapat memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat.

Sehingga, katanya lagi, dengan terpenuhinya kebutuhan ekonomi, diharapkan sudah bisa menjaga Kampung.

"Kalau perut sudah kenyang, tidak mungkin melakukan tindak pidana," terang Kapolres.

Kapolres Bengkalis mengimbau, agar masyarakat bersama-sama Polri dapat menjaga Kampung dari tindak kejahatan.

"Jika Kamtibmas kondusif, masyarakat produktif," ujar mantan Kasat Lantas Polres Bengkalis ini menyuarakan tema Hari Bhayangkara ke-74 tanggal 01 Juli 2020 mendatang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasat Binmas Polres Bengkalis AKP Ismanto, Kapolsek Siak Kecil Iptu Sunaryo, Danramil 07 Bukit Batu diwakili Serma Sayuti, Camat Siak Kecil diwakili Kasi PMD Ahmad Tatang, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bengkalis Nova Rianti, Ka. UPT Balai Penyuluhan Pertanian Astut Iponi, Kepala Desa Sungai Siput Nurkholis, jajaran Polsek Siak Kecil serta kelompok tani dan undangan lainnya. (S)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -