Selamatkan Bendera Merah Putih di Selokan, Amar Dapat Penghargaan Dari Kapolres Meranti
Senin, 17 Agustus 2020 - 23:44:16 WIB
SELATPANJANG (DRC) - Amar Hawari pemuda 18 tahun ini tidak menyangka aksi kecilnya mendapatkan penghargaan dari Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK. Ia dinilai memiliki jiwa NKRI yang sangat tinggi karena tidak bisa membiarkan sangsaka merah putih dibuang begitu saja ditempat sampah. 

Putra dari Afizal Cik dan Murtini ini tak pernah menginginkan jasa atas hal kecil yang dilakukannya itu. Ia hanya berusaha menyelamatkan Bendera Merah Putih yang terbuang di selokan tempat pembuangan sampah. 

Ia menceritakan, sepulang shalat subuh berjamaah di masjid, bersama temannya,  Bintang Kurniawan Luis (18) melintas menggunakan sepeda motor di Jalan Rumbia, Sabtu (15/8/2020) sekitar pukul 06.00 Wib. Ketika melewati Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah disana ia melihat bendera merah putih yang hanyut di aliran sungai jalan tersebut. Secara spontan ia langsung menghentikan laju sepeda motornya.

"Saat itu sekitar pukul 06.00 Wib. Saya melihat bendera Merah Putih diuang begitu saja. Tanpa berpikir panjang saya langsung berhenti dan turun untuk mengambilnya," kata Amar.

Pemuda yang tinggal di Jalan Pembangunan III ini mengakui bahwa perjuangan pahlawan saat menaiikkan bendera merah putih saat masa perang kemerdekaan sampai harus mengorbankan nyawa dan harta. Sementara saat ini, bendera NKRI itu malah terbuang begitu saja ke selokan. Hal itu juga yang membuatnya miris dan tergerak untuk menyelamatkannya.

Tak lama dari aksi yang dilakukannya, Kapolres Meranti AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK langsung menemuinya Sabtu, (15/08/2020) sore. Didampingi Kasat Reskrim AKP Prihadi Tri Saputra SH, KBO Sabhara, Ipda Iskandar serta beberapa personil lainnya menuju lokasi ditemukannya Bendera Merah Putih yang diambil oleh pemuda Sangka Bhayangkara bernama Amar Hawari (18).

Di lokasi penyelamatan Bendera Merah Putih itu Kapolres menyampaikan ucapan terima kasih kepada Amar yang telah menghargai Bendera Kebangsaan Indonesia. "Disini kami berikan kepada Amar Piagam Penghargaan atas jiwa Patriotisme. Ini merupakan contoh terhadap yang lain yang mana jiwa NKRI harus tumbuh dan hidup didalam diri kita masing-masing," ucap AKBP Eko.

Diberikan penghargaan, Amar Hawari mengaku kalau dirinya tidak menyangka akan mendapat kejutan dari Kapolres Meranti tersebut. Bahkan dirinya sudah merasa bangga atas apa yang dilakukan nya itu.

"Saya ucapkan terima kasih atas piagam penghargaan yang bapak berikan kepada saya. Dan saya selaku pemuda dan Saka Bhayangkara akan tetap memiliki jiwa NKRI dan Patriotisme," jelasnya. (amek) 


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -