PEKANBARU (DRC) - Peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau mengajak masyarakat menabung. Bahkan dalam rangka  PEKANBARU (DRC) - Peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM), Otoritas Jasa Keuanga" />
 
 
OJK Riau Ajak Masyarakat Gemar Menabung
Kamis, 27 Agustus 2020 - 17:18:43 WIB
PEKANBARU (DRC) - Peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau mengajak masyarakat menabung. Bahkan dalam rangka menumbuhkan budaya menabung bagi masyarakat khususnya pelajar, OJK sudah meluncurkan Simpanan Pelajar (Simpel).

Kepala OJK Provinsi Riau, Yusri mengatakan, pencanangan Hari Indonesia Menabung (HIM) yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus, dan ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26 Tahun 2019 tentang HIM untuk dukungan seluruh pihak untuk mendukung terwujudnya budaya menabung, serta membuka akses masyarakat untuk masuk ke dalam sistem keuangan khususnya lembaga jasa keuangan formal. 

"Dalam skala yang lebih luas, penetapan Hari Indonesia Menabung diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian," ungkapnya.

Dikatakan, peringatan Hari Indonesia Menabung ini diharapkan dapat mengingatkan masyarakat untuk gemar menabung sejak dini dan minat menabung masyarakat semakin meningkat. Tidak hanya menabung di industri perbankan dalam bentuk tabungan.

"Semakin tinggi tingkat tabungan masyarakat di suatu negara tentunya akan menggerakkan roda perekonomian. Selain itu, melalui Hari Indonesia Menabung ini diharapkan akan memberikan dampak yang positif khususnya dalam pemenuhan dan perluasan akses keuangan bagi masyarakat serta pencapaian tingkat inklusi keuangan di Indonesia sebesar 90 persen pada tahun 2024," ujarnya.
Beri 3 Kategori 

Pada kesempatan itu, OJK juga memberikan penghargaan dalam rangka memperingati Hari Indonesia Menabung (HIM) di Provinsi Riau tahun 2020. Tiga kategori penghargaan itu diberikan kepada, pertama adalah kategori sekolah terbaik 
pencapaian Program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) dimana SMAN 4 Rupat mendapatkan peringkat satu, selanjutnya disusul SMAN 3 Rupat dan SMAN 4 Bengkalis.

Kedua yaitu kategori Kabupaten dan Kota terbaik pencapaian program Kejar tahun 2020 diberikan kepada Kabupaten Kepulauan Meranti. "Hingga saat ini, capaian tertinggi dalam pembukaan rekening simpanan pelajar (Simpel) di Provinsi Riau adalah Kepulauan Meranti dengan capaian lebih kurang 13.96 persen atau sebanyak 964 rekening," kata Yusri.

Lanjut Yusri, ketiga merupakan karegori Bank terbaik pencapaian program Kejar diberikan kepada Bank Riau Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) wilayah Pekanbaru, Bank Negara Indonesia (BNI) wilayah Pekanbaru, Bank Mandiri area Pekanbaru, Bank Tabungan Negara cabang Pekanbaru, Bank Sinarmas cabang Pekanbaru, BRI Syariah cabang Pekanbaru dan BPR Harta Mandiri.

Ia berharap agar masyarakat khususnya generasi muda yakni pelajar menumbuhkan jiwa semangat menabung sejak dini. Sebab, menurutnya dengan menabung bisa memberikan banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun pemerintah. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution saat menyampaikan sambutan saat membuka dengan resmi peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM) tahun 2020 di Riau Command Centre (RCC) Gedung Menara Lancang Kuning, Kamis (27/8/20), mengajak generasi muda khususnya para pelajar serta masyarakat untuk gemar menabung yakni disiplin menyisihkan sebagian kecil 
penghasilan.

Menurutnya, peringatan HIM yang diperingati saat ini kata wagubri menjadi momentum bagi kita semua dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap inklusi keuangan serta pentingnya menabung sejak dini khususnya bagi kalangan pelajar.

"HIM merupakan upaya pemerintah untuk melanjutkan kampanye nasional gerakan menabung yang sudah ada sejak 20 agustus tahun 1971 yang populer kala itu dengan sebutan Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas) dan Tabungan Asuransi Berjangka (Taska)," ujarnya. (rid)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -