Enam Anggota DPRD Riau Maju Pilkada, Hak Dicabut Kalau Sudah Penetapan Calon
Rabu, 09 September 2020 - 21:57:53 WIB
PEKANBARU (DRC) - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 9 Kabupaten/Kota di Riau yang akan berlangsung pada bulan Desember 2020 mendatang diikuti oleh 6 (Enam) orang Anggota DPRD Riau.  Mengenai hak dan kewajibannya selaku anggota dewan akan dicabut atau hilang begitu sudah ditetapkan sebagai calon oleh KPU Riau.
Hal ini diakui oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Riau, Muflihun saat dikonfirmasi perihal tersebut oleh sejumlah wartawan.  Menurutnya, walau saat ini sudah mendaftar di KPU, tapi statusnya masih aktif selaku anggota dewan.
"Ini nanti pemberhentian begitu sudah ditetapkan sebagai calon oleh KPU dan diikuti oleh SK dari Kemendagri.  Sebelum ada hal itu, maka mereka masih aktif sebagai anggota dewan, hak dan kewajiban kedewanan tetap jalan walau sudah mendaftar seperti saat ini," sebutnya.
Sebagaimana yang dimaklumi, tahapan penetapan calon peserta Pilkada oleh KPU adalah tanggal 23 September 2020. Jadi sebelum tanggal penetapan itu, seluruh anggota dewan yang maju masih berstatus anggota dewan.
"Dengan demikian mereka masih bisa mengikuti seluruh agenda kegiatan kedewanan yang ada.  Walau mereka sudah mengajukan surat pengunduran dirinya, tapi menunggu SK Kemendagri juga," tambahnya sembari mengakui tugas yang berat dalam waktu dekat ini adalah pembahasan APBD Perubahan 2020 dan APBD 2021.
Sebagaimana yang dimaklum enam anggota dewan Riau yang maju Pilkada 2020 tersebut adalah Indra Gunawan Eet (Ketua DPRD Riau)  maju di Kabupaten Bengkalis, Zukri (Wakil Ketua DPRD Riau) maju di Kabupaten Pelalawan, Asri Auzar (Wakil Ketua DPRD Riau) maju di Kabupaten Rokan Hilir.
Kemudian Husni Thamrin (Anggota DPRD Riau) majud di Kabupaten Pelalawan, Muhammad Adil (Anggota DPRD Riau) maju di Kabupaten Kepulauan Meranti, Komperensi (Anggota DPRD Riau) maju di Kabupaten Kuansing. (rid)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -