Bupati Inhu H Yopi Arianto, SE Sebut Program TMMD Sudah Dirasakan Masyarakat Manfaatnya
Rabu, 23 September 2020 - 10:33:33 WIB
RENGAT (DRC)  - Bupati Indragiri Hulu (Inhu)  H Yopi Arianto, SE bersama dengan Dandim 0302 Inhu, Letkol Czi Eko Supri Setiawan, SSos,.M.Han membuka secara resmi pelaksanaan program terpadu TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 TA 2020 yang ditaja oleh Kodim 0302 Inhu, Selasa (22/9/2020). Agenda tersebut juga dihadiri oleh Kasrem 031/Wirabima yang mewakili Danrem 031/Wirabima, Kolonel Inf Junaidi.M, S.Sos,.M.Han.
Dalam sambutannya, Yopi mengapresiasi pelaksanaan TMMD sebagai salah satu program Bakti TNI yang sangat menyentuh langsung ke masyarakat. Menurutnya, manfaat program TMMD setiap tahun sudah dirasakan oleh masyarakat, dimana TNI secara Manunggal membaur bergotong royong bersama masyarakat.
"Beberapa hari lalu saya ke Redang panen padi bersama masyarakat Desa Redang, saya sudah mendengar sendiri luar biasa manfaat yang di rasakan masyarakat dari program TMMD," kata orang nomor satu di Kabupaten Inhu itu. 
Yopi melanjutkan program TMMD tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan pemerintah baik pusat maupun daerah. "Terutama dalam penanganan dan pembangunan  di berbagai sektor sarana dan prasarana terutama Infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan," ujarnya lagi. 

Oleh karena itu dirinya menegaskan agar badan, dinas dan instansi terkait bisa bersinergi dan berpadu untuk memaksimalkan program TMMD tersebut. Harapan serupa juga disampaikannya kepada masyarakat Desa yang menjadi sasaran lokasi TMMD, "Kepada masyarakat yang daerahnya menjadi sasaran  lokasi TMMD ini, saya berharap agar berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan TMMD ini agar tujuan yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan hasil yang optimal sesuai dengan harapan masyarakat," ujarnya. 

Sementara itu, Dandim 0302 Inhu, Letkol Czi Eko Supri  Setiawan, S.Sos,.M.Han memaparkan bahwa pada tahun 2020 ini TMMD memiliki dua tujuan, pertama untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Inhu dengan  percepatan pembangunan di daerah. 
Kedua, terwujudnya kemanunggalan TNI rakyat secara serasi dan terpadu. Berdasarkan pemaparannya, waktu pra TMMD digelar mulai tanggal 14 September 2020 sampai dengan 21 September 2020. Kemudian waktu pelaksanaan TMMD dimulai tanggal 22 September 2020 sampai dengan 21 Oktober 2020.

"Tempat pelaksanaan TMMD di Kabupaten Inhu tahun 2020 di dua kecamatan, yakni Kecamatan Batang Cenaku dan Kecamatan Kuala Cenaku," ujar Dandim 0302/Inhu sebagai Dan Satgas TMMD ke-109 TA 2020 ini. Beliau juga  memaparkan sejumlah sasaran TMMD di Kabupaten Inhu baik fisik maupun non fisik.
Terdapat enam titik yang akan menjadi lokasi sasaran fisik TMMD, yakni pembukaan jalan sepanjang 2.500 meter dan lebar 6 meter di Desa Kerubung Jaya, pekerjaan semenisasi jalan di Desa Kerubung Jaya sepanjang 200 meter lebar 3 meter dan tebal 0,20 meter, Pekerjaan semenisasi jalan di Desa Petaling Jaya sepanjang 200 meter lebar 3 meter dan tebal 0,20 meter berada di Kecamatan Batang Cenaku, Selanjutnya pekerjaan semenisasi jalan di Dusun II Desa Tambak sepanjang 200 meter lebar 1,5 meter dan tebal 0,20 meter, Pekerjaan semenisasi jalan di dusun III Desa Tambak sepanjang 200 meter lebar 1,5 meter dan tebal 0,20 meter, dan semenisasi jalan di Desa Tanjung Sari sepanjang 160 meter lebar 3 meter dan tebal 0,20 meter di Kecamatan Kuala Cenaku
Selain sasaran fisik, Satgas TMMD Kodim 0302 Inhu juga sudah menyusun sejumlah sasaran non fisik yang akan dilaksanakan pada TMMD di tahun ini. Sasaran non fisik yang akan dilakukan berupa penyuluhan dengan melibatkan sejumlah instansi terkait, diantaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang bahaya Covid-19, penyuluhan tentang pertanian, penyuluhan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), penyuluhan tentang hukum dan Kamtibmas, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan tentang teroris dan bahaya radikalisme serta pemutaran film bertema patriotisme.

Kemudian Danrem 031 Wirabima melalui sambutannya yang dibacakan Kasrem 031/ Wirabima, Kolonel Inf Junaidi M, S.Sos,.M.Han menyampaikan lima pedoman prajurit Satgas TMMD ke-109 di lapangan. 
Pertama laksanakan tugas TMMD dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab yang tinggi. "Bekerjalah secara profesional dengan tetap memperhatikan faktor keamanan baik personil maupun materil serta patuhi protokol kesehatan Covid-19," 
Kedua prajurit TNI juga diharapkan membangun solidaritas dan sinergitas yang kokoh antar sesama prajurit TNI, Polri, aparat pemerintah, dan komponen masyarakat lainnya guna mengoptimalkan pelaksanaan TMMD. 
Ketiga Kasrem 031/Wira Bima menyampaikan agar prajurit memperhatikan faktor cuaca dan mempertimbangkan waktu yang ada agar kegiatan TMMD dapat berjalan.sebagaimana yang diharapkan
Keempat, selama pelaksanaan TMMD prajurit juga harus menghormati dan memahami adat istiadat dan budaya daerah setempat. "Memanfaatkan TMMD ini sebagai sarana berinteraksi dengan masyarakat untuk memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat dan mendukung  tugas prajurit di lapangan secara optimal. 
Kelima prajurit juga harus memanfaatkan segala dukungan yang ada secara optimal.
Kegiatan pembukaan TMMD ke-109 TA 2020 di makodim 0302/Inhu di akhiri dengan kegaiatan Foto bersama dan ramah tamah.
Kegiatan Bakti Sosial seperti Donor Darah dari PMI Cabang Inhu, Khitanan Massal dari Pemkab Inhu ( bag. Kesra )  dan Bazaar dari Bulog Divre Rengat yang dilaksanakan di Desa Kuala Kilan Kecamatan Batang Canaku. (rid/rls) 


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -