Provinsi Riau Pesisir Hanya Keinginan Elit
Senin, 05 Oktober 2020 - 21:28:12 WIB
PEKANBARU (DRC) - Kembali menggemanya wacana pembentukan Provinsi Riau Pesisir mendapat tanggapan serius dari Pengamat Politik Riau, Saiman Pakpapan.  Menurutnya, keinggian untuk pembentukan provinsi baru di Riau itu hanya keinginan dari kelompok elit saja.
"Mengenai wacana itukan sebetulnya sudah isu lama digaungkan, bahkan sudah disetujui oleh DPRD Riau sebelumnya.  Tapi lama tenggelam, digemakan lagi dan tenggelam lagi.  Sekarang bangkit lagi, itukan jelas pertanda pembentukanya bukan dari bawah, kalau dari bawah akan terus bergulir," sebutnya via selulernya.
Disampaikan juga oleh Kandidat Doktor Universitas Pajajaran ini, karena konteknya sudah merupakan isu yang sudah lama.  Jadi sudah menjadi hal yang tidak menarik lagi dalam pembahasan, kerena sudah lama diam.  "Dalam kontek isu yang sudah lama, jadi tidak menarik lagi, sudah lama diam," tambahnaya.
Namun menurut dosen UR ini juga, beda seandainya konteksnya dari bawah yang berkaitan dengan keperluan mendasar masyarakat.  Terutama untuk keperluan bersama dalam pelayanan masyarakat maupun pembangunan, ini akan berbeda jadinya.  "Kalau memang murni dari kepentingan bawah, ini akan terus bergulir sebelumnya," katanya lagi.
Sebagaimana yang dimaklumi, kembalinya gaung pembentukan Provinsi Riau Pesisir bermula dari pidato mantan Gubernur Riau, Annas Maamun pada acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD Rokan Hilir dalam rangka HUT ke-21 Kabupaten Rohil.  Anas Maamun baru saja bebas dari penjara dalam kasus suap alih fungsi lahan di Riau. (rid)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -