Dewan Minta Disperindag Pekanbaru Cari Solusi Terkait Naiknya Harga Cabai
Senin, 12 Oktober 2020 - 21:16:11 WIB
PEKANBARU (DRC) - Kenaikan harga komuditi cabai di Kota Pekanbaru mendapat sorotan di Komisi II DPRD Kota Pekanbaru. Bahkan Komisi II sudah memprediski jauh-jauh hari bakal ada kenaikan harga cebai di Kota Pekanbaru mengingat kondisi cuaca yang tak menentu dan mempengaruhi hasil panen petani dari daerah pemasok seperti Sumbar dan Medan. 
Pasalnya, Ketua Komisi II DPRD Kondisi H Fatullah, kondisi seperti ini sudah terjadi hampir setiap tahun. Untuk itu, Fatullah meminta Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Peradangan (Disperindag) segera mencari solusi agar kenaikan komuditi cabai ini berlangsung lama, mengingat kondisi pandemi yang berdampak kepada ekonomi masyarakat.
"Saya sudah enam tahun di sini (DPRD), kejadian ini tiap tahun muncul, sudah berulang kali saya memperingatkan kepada Disperindag untuk mempersiapkan stok sembako yang naik itu jauh-jauh hari sewaktu musim hujan seperti," ucap H Fathullah, Senin (12/10/2020).
Agar tidak berlangsung lama, Pemerintah dalam hal ini Disperindag untuk mencarikan alternatif agar harga sembako khususnya untuk komuditi cabai dan sayur mayur kembali stabil dan tidak memberatkan masyarakat.
"Kami katakan Disperindag harus memikirkan masyarakat agar tidak terhimpit ekonomi, disini ekonomi mereka sudah goyang lalu ditambah harga naik, jadi kasihan liat masyarakat. Jadi kami harap Pemko bekerja dengan sungguh-sungguh demi memperjuangkan nasib masyarakat," tutupnya.
Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, minggu pertama bulan Oktober 2020 ini warga mulai mengeluhkan kenaikan harga cabai merah Bukittinggi (Sumatera Barat) dan cabai merah Medan (Sumatera Utara).
Dimana untuk harga cabai merah Medan yang awalnya Rp38.000 per kilogram naik menjadi Rp46.000. Untuk harga cabai merah Bukit dari Rp46.000 per kilogram naik menjadi Rp56.000 per kilogram. Sementara untuk harga cabai rawit masih standar yakni Rp36.000 per kilogram. (rid)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -