JAKARTA (DRC) - Seminar E-Commerce Unicorn Startup of Indonesia, How and What Next' hari ketiga, Rabu (21/10/2020) yang dilangsungkan secara virtual pada  JAKARTA (DRC) - Seminar E-Commerce Unicorn Startup of Indonesia, How and What Nex" />
 
 
Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2020
Bisnis E-commerce Semakin Mendapat Kepercayaan dari Konsumen
Rabu, 21 Oktober 2020 - 15:49:17 WIB
JAKARTA (DRC) - Seminar E-Commerce Unicorn Startup of Indonesia, How and What Next' hari ketiga, Rabu (21/10/2020) yang dilangsungkan secara virtual pada ajang Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2020 semakin menarik perhatian.  

Webinar yang merupakan rangkaian Capital Market Summit and Expo (CMSE) 2020 dalam rangka memperingati 43 tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia ini memaparkan karya anak bangsa yang mampu menjadi startup unicorn, sebuah istilah yang dulu asing di telinga kita, seperti hadirnya Tokopedia, marketplace, e-commerce. 

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama PT BEI Inarno Jayadi mengatakan pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi khususnya internet semakin memudahkan kita melakukan segala hal dengan mudah. Hanya dengan sentuhan jari di gadget kita semua aktivitas dapat kita lakukan dalam waktu singkat di manapun dan kapanpun.

Internet memunculkan peluang baru dalam dunia bisnis dan e-commerce adalah salah satunya. Industri e-commerce mengalami pertumbuhan pesat beberapa waktu terakhir, meski pertama kali masuk ke Indonesia diragukan oleh konsumen. Tapi seiring berjalannya waktu, e-commerce mendapatkan kepercayaan dari konsumen. 

Hal tersebut terlihat dari peningkatan tren transaksi e-commerce setiap tahunnya. Data sensus BPS menyebutkan, pada tahun 2019 saja, pertumbuhan usaha e-commerce mencapai 25,11 persen. Padahal sebelumnya tahun 2010, usaha e-commerce di Indonesia hanya tercatat sebanyak 1,53 persen. Indonesia salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan industri e-commerce terbesar.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia masih akan terus meningkat dengan bertambahnya jumlah pengusaha, pelaku UMKM, startup dan perumahan rastra Indonesia. Khususnya pada generasi milenial serta situasi pendemi yang mengubah kebiasaan masyarakat dari berbelanja di toko secara fisik menjadi belanja secara online.  

"Ya, bisnis e-commerce sangat menjanjikan. Di Indobnesia sendiri terdapat beberapa perusahaan e-commerce yang berkembang sangat besar. Karena sebagian besar perusahaan pendirinya milenial, mereka sangat cepat melakukan inovasi 
produk atau jasa mengikuti perkembangan teknologi saat ini," ujar Inarno Jayadi.

Salah satu hal yang dibutuhkan untuk dapat terus berinovasi dan mengembangkan bisnis adalah pendanaan dan pasar modal menjadi alternatif pendanaan yang menarik bagi perusahaan-perusahaan tersebut. Hal ini akan didiskusikan lebih detail dalam seminar kali ini. 

"Kami yakin para peserta khususnya pemilik usaha akan menikmati diskusi ini. dengan narasumber yang kompeten di bidang e-commerce dan bisnis," pungkas Inarno pula. (rid)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -