LUBUK SIKAPING (DRC) -Ali Mukhni, cawagub (calon wakil gubernur) Sumbar (Sumatera Barat) di ajang Pilgub (Pemilihan Gubernur) Sumbar 2020, mengatakan pihaknya memiliki komitmen yang kuat untuk peningkatan kualitas SD"> LUBUK SIKAPING (DRC) -Ali Mukhni, cawagub (calon wakil gubernur) Sumbar (Sumatera Barat) di ajang Pilgub (Pemilihan Gubernur) Sumb" />
 
 
Mualim Menang, Ali Mukhni: Pendidikan Digratiskan dari SD sampai SMTA
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:48:24 WIB
LUBUK SIKAPING (DRC) -Ali Mukhni, cawagub (calon wakil gubernur) Sumbar (Sumatera Barat) di ajang Pilgub (Pemilihan Gubernur) Sumbar 2020, mengatakan pihaknya memiliki komitmen yang kuat untuk peningkatan kualitas SDM (sumber daya manusia) masyarakat Sumbar bila kelak memenangi ajang Pilgub Sumbar 2020.

''Karena Sumbar memiliki keterbatasan potensi SDA (sumber daya alam), mau tak mau kita menjawabnya dengan upaya peningkatan kualitas SDM,'' katanya, ketika berkunjung ke Lubuk Sikaping, ibukota Pasaman, belum lama ini.

Salah satu wujud kongkret peningkatan kualitas SDM, menurut Ali Mukhni, adalah dengan menerapkan pendidikan gratis dari jenjang SD, SLTP sampai ke tingkat SMTA. ''Kalau selama ini pendidikan gratis baru sampai tingkat LTP, maka kelak kita sudah berketetapan hati untuk mengratiskan pendidikan sampai ke jenjang SMA atau SMK,'' imbuhnya.

Tidak sampai di sana, menurut Ali Mukhni, bagi lulusan SMTA berprestasi dari keluarga kurang mampu yang menghadapi kendala finansial untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, juga akan dicarikan solusinya. ''Kita akan beri tempat seluas-luasnya bagi anak-anak berprestasi untuk mengecap jenjang pendidikan formal yang layak, bahkan sampai ke perguruan tinggi,'' tandasnya.

Ditanya sumber dana untuk itu, Ali Mukhni mengatakan cukup banyak sumber dana alternatif yang bisa dimanfaatkan, termasuk untuk upaya peningkatan kualitas SDM. ''Dana Baznas, misalnya,'' kata Al Mukhni.

Ia merujuk kebijakannya ketika menjabat Bupati Padaman Pariaman. Dikatakan, di Baznas Padang Pariaman ada di antaranya program yang diberi nama dengan Padang Pariaman Cerdas. ''Inti dari program ini antara lain memberi bantuan bagi anak-anak tidak mampu untuk mengecap jenjang pendidikan yang layak,'' ungkapnya. (syf)
 






 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -