Jawa Timur akan Manfaatkan Tes GeNose Untuk Keselamatan Murid
Sabtu, 06 Maret 2021 - 21:09:23 WIB
Jakarta, detakriau.com - Pemeritah Provinsi Jawa Timur tengah mengkaji kemungkinan dibukanya kembali proses belajar mengajar di sekolah. Dengan mewacanakan tes GeNose bagi siswa dan guru sebelum masuk ke sekolah.

"Sebagai Senator dari Jawa Timur saya setuju tes GeNose diterapkan kepada siswa dan guru yang akan mengikuti pembelajaran tatap muka. Selain murah, kata Ketua DPD RI LaNYalla Mattalliti di Jakarta sabtu (6/3/2021).

Menurut, LaNyalla lagi, tes GeNose untuk mendeteksi Covid-19 cukup efektif dan praktis. Yang sebaiknya dilakukan harus secara rutin bisa setiap Senin dan Jumat. Sehingga benar-benar terukur dan terdeteksi.

Dan biayanya agar jangan dibebankan ke sekolah. Harus ada mekanisme pembiayaan yang dicover anggaran pemerintah, ujarnya.

Dalam konteks kegiatan massal seperti sekolah, memang diperlukan cara yang cepat, murah namun tanpa mengabaikan tingkat akurasi. “Saya pikir sudah tepat menggunakan metode tes GeNose. Karena cepat dan murah dan tingkat akurasinya juga sudah diuji. Bahkan sekarang digunakan sebagai syarat untuk penumpang kereta api,” ujar alumnus Universitas Brawijaya Malang.

Selain itu bisa gunakan tes air liur, sedang tes SWAB anti gen biayanya mahal, katanya. win.


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -