PEKANBARU, detakriau.com - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia khususnya di Riau membuat kebutuhan oksigen medis juga ikut naik. Peran oksigen dalam proses penanganan pasien Covid sangat penting, sedang"> PEKANBARU, detakriau.com - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia khususnya di Riau membuat kebutuhan oksigen medis" />
 
 
Nata Gagas Dirikan GBTO untuk Bantu Pasien Covid yang Butuh Tabung Gas Oksigen
Selasa, 03 Agustus 2021 - 01:09:17 WIB
PEKANBARU, detakriau.com - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia khususnya di Riau membuat kebutuhan oksigen medis juga ikut naik. Peran oksigen dalam proses penanganan pasien Covid sangat penting, sedangkan ketersediaan jadi terbatas karena meningkatnya kebutuhan.

Oksigen medis ini diperlukan untuk membantu pasien Covid-19 yang kesulitan bernapas sehingga bila terjadi krisis suplai maka jumlah korban jiwa bisa meningkat.

"Tak heran kebutuhan oksigen untuk medis makin tinggi seiring dengan naiknya kasus pandemi positif Covid-19 ini," ujar Pemerhati sosial,  Nata Hedy Nyo kepada media.

Akibatnya, kelangkaan oksigen dan tabungnya pun terjadi. Apalagi proses distribusi ke rumah sakit juga membutuhkan waktu, disamping keterbatasan jumlah tabung oksigen.

Oleh sebab itu pula,  ia menggagas bersama kalangan milenial Tionghoa Pekanbaru mendirikan Group Bantuan Tabungan Oksgeni (GBTO) untuk masyarakat Riau, khususnta Kota Pekanbaru. 
Harapannya bisa membantu orang yang isolasi mandiri (Isoman) di rumah yang mana yang telah diizinkan oleh Dokter.

"Tujuan dari GBTO ini tidak lain adalah gerakan kemanusiaan membantu semaksimal bisa kita," tutur Ko Nata,  sapaan akrab Nata Hedy Nyo ini. 

Lamjut Nata Hedy Nyo, grup ini didirikan murni atas rasa kemanusiaan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan tabung Oksigen. Nata menyerukan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan saat pandemi Covid-19. 

"Mari kita jaga kesehatan dan melaksanakan atau mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang telah ditetapkan Pemerintah," harap Nata seraya menyerukan masyarakat lainnya. 

Lanjut Nata,  seminggu didirkan,  GBTO telah meminjamkan puluhan tabung oksigen kepada masyarakat dengan masa pinjam 5 hari. "Jika masih urgen, dapat diperpanjang, dan sama sekali tidak dipungut bayaran alias gratis," sebut Nata Hedy.

Pihaknya juga mengaku kewalahan dikarenakan banyaknya permintaan masyarakat, sementara tabung yang dimiliki Group Bantuan Tabung Oksigen (GBTO) juga terbatas.

"Kami juga menerima sumbangan tabung dari masyarakat jika di rumahnya memiliki tabung oksigen berlebih, agar kita sama-sama dapat berbuat kebaikan untuk sesama. Kemarin kami dapat bantuan dari warga Pekanbaru dan warga Selatpanjang, Alhamdulillah kegiatan ini mendapat support dari banyak kalangan," ujar koko Nata.

Bagi masyarakat Riau khususnya Pekanbaru yang membutuhkan Tabung Oksigen masa isoman dapat menghubungi :
Nata Hedy Nyo 0852 7147 5188,
Halilis 0813 6568 1199,
Mimi 0813 7112 0904.
Syarat dan ketentuan berlaku.
(rid) 


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -