DPD RI Ngotot Utak Atik Bikameral
Jumat, 27 Agustus 2021 - 10:44:46 WIB
Jakarta, detakriau.com - DPD RI akan terus mengupayakan adanya sistem Bikameral.

Sebab, sistem ketatanegaraan selama ini masih belum dapat menciptakan sistem parlemen yang mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan.

Ini dikatakan Mahyudin wakil Ketua DPD RI di Jakarta, Kamis (26/8/2021)?

Dikatakan, kondisi sistem perwakilan saat ini juga masih cenderung terpusat dan berakibat pada masih adanya kesenjangan di daerah.

Dengan tiadanya sistem Bikameral saat ini, DPD RI belum mampu mewujudkan fungsi check and balance dalam sistem parlemen Indonesia.

Lahirnya DPD RI yang mewakili wilayah seharusnya berperan sebagai kamar kedua untuk melakukan fungsi check and balances dan mengawal otonomi agar tidak memunculkan kesenjangan di daerah. Namun, dalam prakteknya DPD RI tidak diberi kewenangan legislatif yang memadai sebagai wakil daerah, tambahnya.

“Seharusnya sistem parlemen Indonesia tidak terlalu didominisasi oleh partai politik karena jika demikian bisa memunculkan fenomena oligarki. Ketika sudah memilih sistem Bikameral, maka harus dijalankan dengan memaksimalkan peran DPD RI untuk mengatasi kesenjangan di daerah. Namun, faktanya, fungsi DPD dalam sistem Bikameral di Indonesia masih sangat lemah,” ujarnya.win


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -