Ragam Budaya Indonesia Tampil di Wisuda Unilak 2023
Kamis, 19 Oktober 2023 - 21:34:58 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau menggelar wisuda sarjana ke 67 dan Magister ke 17 di Labersa hotel yang berlangsung selama dua hari Rabu-Kamis (18-19 Oktober 2023).
 
Pelaksanaan wisuda kental dengan budaya ragam Indonesia, mulai dari Adat Budaya Melayu, Tarian Tor-Tor, Randai Kuansing kesenian Pencak Silat, arakan kompang, serta tepuk tepung tawar.
 
Prosesi wisuda yang dilakukan dalam sidang senat terbuka dipimpin oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi, SS.M.Hum turut hadir Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji, Prof Irwan Effendi, Wakil Rektor I Dr Zamzami.M.Kom Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH,MH, Senat Universitas, dekan, Gubernur Riau yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Hukum Yulisman SH, Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma S.H.M.Pd, guru besar Unilak Prof Dr Syafrani, serta senat universitas.
 
Rektor Unilak Dr Junaidi yang juga ketua senat mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi dan semoga ilmu yang diraih memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam karir dan kehidupan di tengah masyarakat.
 
"Kami ingin mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada orang tua wisudawan, terimakasih atas dukungan orang tua selama ini sehingga anak bapak/ibu akhirnya sampai pada gelar sarjana dan Magister," ujar Prof Junaidi.
 
Ia mengatakan pada pelaksanaan wisuda yang berlangsung selama dua hari ini, pihaknya ingin memberikan penghargaan kepada keluarga dan orang tua dengan memberikan kesempatan kepada orang tercinta untuk dapat berfoto bersama wisudawan dan pimpinan di panggung wisuda. "Ini bentuk penghargaan kepada orang tua." ucap Prof Junaidi.
 
Pada wisuda sarjana ke 67 dan magister ke 17 ini, Unilak mewisuda sebanyak 1094 wisudawan/wati, dengan wisudawan sarjana strata 1 sebanyak 967 orang dan Pascasarjana sebanyak 127 orang.
 
Dengan rincian Pascasarjana 127 orang, Fakultas Ilmu Administrasi 96 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 241 orang, Fakultas Teknik 82 orang, Fakultas Pertanian 56 orang, Fakultas Hukum 203 orang, Fakultas Ilmu Budaya 64 orang, Fakultas Ilmu Komputer 136 orang dan Fakultas Pendidikan dan Vokasi 64  orang. Hingga saat ini total alumni Unilak untuk S1 sebanyak   31715 orang  dan  S2 sebanyak 1547 orang.
 
"Di tahun 2023 Unilak menjadi satu satunya perguruan tinggi di Riau yang mendapatkan ijin Rekonginsi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk 19 Prodi S1 dan 2 Prodi S2, ini tentu menjadi suatu kebanggaan. RPL adalah pengakuan kerja/kompetensi/keahlian/pengalaman dari masyarakat yang dapat dikonversikan kedalam SKS setelah melalui tes/assesment. Tahun Unilak telah menerima mahasiswa untuk Program RPL, ada lebih dari 150 orang yang telah mengikuti program RPL," sebutnya.
 
Di tahun ini juga, lebih dari 200 mahasiswa Unilak kuliah di luar kampus, mereka kuliah di jawa, Kalimantan, Sulawesi selama satu smester di kampus lain dalam program kampus merdeka, tidak hanya kampus lain yang kuliah di Unilak, mahasiswa Unilak sebanyak 48 orang juga kuliah ke luar selama satu semester ada di jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi.
 
"Program ini memberikan manfaat bagi mahasiswa, memberi pengalaman baru dan lebih mengenal ragam budaya Indonesia," sebutnya.
 
Sebagai pemuncak wisuda ke 67 Unilak yaitu dari Fakultas Hukum Tiara Apriliya IPK 3,95, Fakultas Ilmu Komputer Silvi Miftahul Jannah IPK 3,93, Fakultas Ilmu Administrasi Wahyu Ulil Fathonah IPK 3, 92, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Rona Izzathi IPK 3,86, Fakultas Ilmu Budaya Monica Dwi Amelia IPK 3,85, Fakutlas Kehutanan Wike Sarina IPK 3,85, Fakultas Pendidikan dan Vokasi Ria Julita Limbong IPK 3,83, Fakultas Teknik Dumaria IPK 3,77, Fakultas Pertanian Refandy Rizky Maulidani Dalimunthe IPK 3,76, dan Pascasarjana Syaparudin BS IPK 4,00
 
Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma SH M.Pd memberikan apresiasi kepada Unilak dan Rektor Prof Junaidi yang berhasil menyelanggarakan wisuda, pelaksanaan wisuda dapat memberikan kinerja positif bagi perguruan tinggi.
 
"Unilak kedepannya insyaallah bisa menjaga kualitas pembelajaran, saya memantau banyak prestasi yang diraih Unilak salah satunya menjadi perguruan tinggi yang mendapatkan ijin program RPL untuk 21 Prodi," sebutnya.
 
"Atas nama LLDIKTI Wilayah X selamat untuk wisudawan yang berhasil di wisuda hari ini, pesan saya dapat menjaga nama baik almamater, menjadi alumni yang bermanfaat bagi orang lain dan tentunya harus bisa memajukan dan mewarnai kehidupan di masyarakat," ungkapnya.
 
Dalam wisuda ke 67 Rektor Unilak Prof Dr Junaidi memberikan penghargaan kepada pemuncak wisuda dan mahasiswi pahlawan Indonesia yang berhasil meraih medali perunggu sepak takraw di ajang Asian Games Tiongkok 2023 atas nama Wan Anisa, dan ikut berfoto bersama dengan Rektor dan Wakil Rektor I.
 
Beberapa peserta wisuda ke 67 Unilak merupakan pejabat negara/tokoh publik seperti Anggota DPRD Pelalawan dan Inhu, Kepala BPJS Tenaga Kerjaan, Perwira Polda, Pimpinan Bank, Dokter Spesialis, Kepala Dinas dan lain-lain.(rid/ckp)

 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -