Riau Juara Umum Porwil Sumatera XI Tahun 2023
Rabu, 15 November 2023 - 14:05:51 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI tahun 2023 resmi ditutup oleh Plt Gubernur Riau Edy Natar Nasution, di Halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (14/11/2023) malam. Pada event ini, Riau sukses menjadi juara umum.

Penutupan Porwil Sumatera XI di Riau itu dimulai dari tari-tarian dan marching band. Kemudian, dilanjutkan dengan defile cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Porwil tersebut. Selain itu, ada juga hiburan dari artis ibu kota.

Plt Gubernur Riau menyampaikan rasa bangga dengan atlet yang telah berlaga. Ia mengapresiasi perjuangan para atlet, sehingga dapat mengharumkan nama daerahnya dalam bidang olahraga.

"Kami selaku Plt Gubernur Riau mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh para atlet kebanggaan dari daerahnya masing-masing. Semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan atau ditingkatkan lagi ke taraf yang lebih tinggi," ujar Edy Natar, Selasa (14/11/2023). 

Ia mengatakan Porwil XI Sumatera merupakan ajang seleksi untuk mengikuti PON ke-21 pada tahun 2024 di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatra Utara. Selain sebagai ajang yang mengukir prestasi, momen ini dapat dijadikan sebagai wadah silaturahmi dan keakraban para Insan olahraga se Sumatera. 

"Sehingga dengan adanya momen ini hubungan kita sebagai masyarakat Sumatera semakin terjalin lebih keras. Terima kasih atas kerja keras panitia dan semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penyelenggaraan Porwil Sumatera ke-11 tahun 2023 dapat berjalan dengan baik dan lancar," ucapnya, dilansir cakaplah.com.

Diungkapkan, selama pelaksanaan Porwil XI Sumatera di Riau, tentunya banyak hal atau momen yang terekam di dalam benak peserta. Baik itu dalam masa persiapan pertandingan pelaksanaan pertandingan maupun pelayanan yang kami berikan. 

Oleh karena itu, selaku tuan rumah dan atas nama masyarakat Riau Plt Gubri memohon maaf dari lubuk hati yang paling dalam, jika pada perjalanan perhelatan olahraga ini terdapat suatu kekurangan.

"Waktu begitu cepat berlalu, sejak Pekan Olahraga wilayah Sumatera 11 Riau tahun 2023 dibuka pada tanggal 4 November yang lalu, tidak terasa pada malam hari ini kita akan melakukan acara penutupan. Selaku tuan rumah, semoga pelayanan yang kami berikan dapat berkesan yang baik di hati bapak, ibu dan tuan semua," ujarnya.

Ketua PB Porwil Sumatera XI Joni Irwan mengatakan Porwil diikuti oleh 8 provinsi yakni Provinsi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

Pada Porwil Sumatera XI ini mempertandingkan 10 cabor yakni Sepakbola, Sepak Takraw, Bola Tangan, Voli Indoor, Wushu, Barongsai, Renang, Atletik, dan E-Sport. Sebanyak 9 cabor dipertandingkan di Kota Pekanbaru sementara satu lagi Atletik dipertandingkan di Kabupaten Kampar.

"Sebagai penutup pertandingan, Porwil Sumatera XI diakhiri dengan final cabor sepakbola yang mempertemukan Riau Vs Sumatera Barat di Stadion Kaharuddin Nasution, Selasa (14/11/2023) sore. Pertandingan dimenangkan oleh Sumatera Barat dengan skor 6-5 lewat adu penalti," ujar Joni.

Pada kesempatan tersebut dirinya mengumumkan Riau sebagai Juara Umum Porwil Sumatera XI 2023. Riau berhasil mempertahankan juara umum tiga kali berturut-turut, sekaligus mendapatkan tropi Juara Umum Porwil.

Riau menyabet Juara Umum Porwil Sumatera XI dengan 41 medali emas, 21 perak dan 34 perunggu. Sementara di posisi kedua ditempati oleh Bangka Belitung 31 emas, 21 perak dan 28 perunggu. Kemudian di posisi ketiga diduduki oleh Sumatera Barat dengan perolehan 22 medali emas, 36 perak dan perak. Peringkat berikutnya, di tempati oleh Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Wakil Ketua I KONI Pusat Suwarno mengatakan, bahwa Porwil Sumatera XI ini sebagai ajang silaturahmi antarmasyarakat se-Sumatera. 

"Sebenarnya porwil ini adalah alat pemersatu masyarakat se Sumatera," ujar Suwarno.

Semestinya kata Suwarno, Aceh yang menjadi tuan rumah Porwil Sumatera XI. Akan tetapi, Aceh terpilih sebagai tuan rumah PON 2024 bersama dengan Sumatera Utara.

Sebagai informasi, sejumlah cabor dari Riau yang sukses meraih medali dan menjadi juara umum di antaranya, cabor renang 23 emas, 5 perak 9 perunggu. Kemudian barongsai, 5 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Sepak takraw, 7 emas, 1 perunggu, atletik 4 emas, 4 perak 9 perunggu. Wushu 1 emas, 2 perak 4 perunggu, bola tangan 1 emas 1 perunggu. Catur 1 emas 3 perak 5 perunggu. E-sport 1 perak dan 3 perunggu. 

Bola voli 1 perak dan 1 perunggu. Pada cabang olahraga Sepak Bola, Riau harus berlapang dada mendapatkan perak, usai di kalahkan oleh tim kesebelasan dari Sumatera Barat. (*/ckp)


 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -