Forkopimcam Kecamatan Kulim dan Jajaran Rapatkan Barisan Pengamanan Nataru 2023/2024
Jumat, 22 Desember 2023 - 20:02:30 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Kulim, Kota Pekanbaru beserta jajaran menggelar rapat koordinasi (Rakor). Rakor ini untuk menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat pada masa liburan akhir tahun.

Rakor Pelaksanaan Persiapan Nataru 2023/2024 yang dipimpin langsung Camat Kulim Raja Faisal Febnaldi, M.IP ini juga menindaklanjuti Rakor tingkat Forkopimda, menyangkut keamanan wilayah menghadapi Nataru.

Selain Camat Kulim, turut hadir seluruh Lurah se Kecamatan Kulim, DanRamil 04/LPH Kapt Inf. Turba Marpaung beserta para Babinsa, Kapolsek Tenayan Raya yang diwakili Kanit Sabhara Iptu Mardansyah serta para Bhabinkamtibmas, perwakilan Puskesmas Tenayan Raya, Forum RT/RW, LPM se Kecamatan Kulim, serta tokoh masyarakat.

Pada Rakor tersebut, Camat Kulim Raja Faisal Febnaldi, M.IP minta seluruh RT/RW turut mencegah perayaan menggunakan mercon bebas, menghindari resiko membahayakan yang ditimbulkan. Selain itu agar mewaspadai tindakan terorisme di wilayahnya yang bisa saja muncul tak terduga. 

"Waspadai keamanan wilayah masing masing, kalau tak kita, siapa lagi yang menjaga kampung, wilayah kita," ujar camat mengingatkan.

Tak hanya itu, diminta semua pihak turut bersama menjaga kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah. Karena, masalah sampah maupun kelancaran saluran air juga dapat menimbulkan pertikaian. "Ini yang harus kita cegah sedini mungkin," tukas camat seraya mengingatkan pesan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.

Sementara itu, DanRamil 04/LPH Kapt inf. Turba Marpaung menyampaikan tiga hal penting pengamanan.   Pertama terlebih dahulu melakukan pengamanan pribadi maupun keluarga, setidaknya menjaga kesehatan  tubuh, termasuk menghadapi kondisi cuaca.

Kedua, pengamanan lingkungan dengan antisipasi menyiapkan posko keamanan di kawasan perbatasan wilayah sebagai pusat informasi keamanan. Termasuk mewaspadai ancaman terorisme, apalagi adanya mantan terorisme yang kembali membaur di tengah masyarakat. "Hal ini harus disikapi serius, jangan lengah," ingatnya.

Beberapa hal penting ini perlu disampaikan, apalagi semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu/ Pilpres di Februari 2024. Kepada para abdi negara diingatkan juga agar tidak terlibat politik praktis.

Kapolsek Tenayan Raya, diwakili Kanit Sabhara Iptu Mardansyah akan lebih meningkatkan keamanan di masa Nataru, menjelang perayaan pergantian tahun ini. Bahkan untuk pemusatan keamanan dengan membentuk Pospam Ops Lilin 2023 berlokasi di kawasan strategis Taman Alam Mayang.

Kepada jajaran, akan dilakukan peningkatan pengamanan melalui patroli dengan sasaran rumah ibadah, tempat wisata, termasuk pusat keramaian. "Kepada semua pihak juga diharapkan turut memperhatikan atau mengawasi rumah kosong yang dikhawatirkan dijadikan target oleh pelaku kejahatan," pesan Kapolsek mengingatkan. (rid)



 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -